RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 5 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 5 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XVIII

Pemberkatan Basilika SP Maria

BACAAN I: Nah. 1:15:2:2; 3:1-3.6-7

MAZMUR: Ul. 32:35cd.36ab.39abcd;

BACAAN INJIL: Matius 16:24-28

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya."

RENUNGAN:

Dalam Injil hari ini, Yesus mengingatkan kita akan syarat-syarat untuk menjadi murid-Nya. Paling tidak ada tiga syarat yang harus kita penuhi, yaitu menyangkal diri artinya kita harus mengutamakan dan mendahulukan kehendak Allah daripada kehendak diri sendiri; memikul salib artinya kita harus siap menderita untuk memperjuangkan kebenaran, keadilan, kejujuran, dan kebaikan bersama; mengikuti Dia artinya dalam segala situasi hidup kita harus patuh dan taat kepada-Nya. Syarat-syarat itu memang tidak mudah, karena sarat dengan perjuangan, kerja keras, konsistensi dan menuntut kesetiaan dan tahan banting. Itulah jalan yang harus kita lalui untuk mendapatkan keselamatan.

Syarat-syarat tersebut harus selalu kita ingat dan penuhi di tengah kehidupan zaman sekarang yang sering mengedepankan gaya hidup mencari kesenangan, menghalalkan segala cara, dan mengesampingkan nilai-nilai iman, gampangan dan bermental instan, mau ‘terima jadi’ tanpa usaha dan kerja keras. Menjadi murid Yesus di zaman sekarang memang harus bijak, artinya mampu untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, tetapi juga harus tetap kritis, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai Kristiani, mengetahui banyak paham, tetapi harus tetap setia kepada Kristus.

Allah Bapa Yang Mahasetia, semoga kami senantiasa setia menjadi murid-murid-Mu dan dimampukan untuk terus bersaksi di tengah arus zaman ini. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 5 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel