RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 19 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 19 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XX (HIJAU)

St. Yohanes Eudes

Yeh. 37:1-14; 

Mzm. 107:2-3,4-5,6-7,8-9; 

Mat. 22:34-40.

Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia: "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?" Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

RENUNGAN:

Dalam Injil hari ini, Yesus mengingatkan kita tentang hukum yang utama, yaitu hukum cinta kasih. Kita diajak untuk mengasihi Allah dan sesama secara tulus seperti kita mencintaidiri kita sendiri. Meskipun soal hukum ini kita sudah berulang kali mendengarnya, tetapi untuk melaksanakannya bukanlah perkara yang mudah, lebih-lebih untuk mengasihi sesama yang pernah mengecewakan hidup kita. Kita lebih senang mengasihi orang yang mengasihi kita, yang tidak bertentangan dengan kita, atau orang-orang yang selama ini memberi banyak hal kepada kita. 

Hari ini, kita diajak untuk lebih meneladan Yesus, junjungan kita yang mengasihi Bapa dan kita sepenuh hati. Dalam karya-Nya, la menyembuhkan banyak orang sakit, membela orang yang lemah dan mengajar dari satu tempat ke tempat yang lain. Meskipun begitu, Yesus tidak lupa untuk mengasihi Bapa-Nya dengan berdoa dan menaati-Nya. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengasihi Allah, tetapi membenci sesama atau mengasihi sesama, tetapi tidak pernah berdoa dan bersatu dengan Allah. Hidup yang berimbang dalam mengasihi Allah dan sesama akan membuat hidup kita penuh sukacita sejati. 

Allah Bapa Yang Mahakasih, semoga kasih-Mu yang begitu besar dapat kami bagikan untuk sesama kami tanpa pilih kasih, termasuk kepada orang-orang yang telah menyakiti hidup kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 19 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel