RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 1 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 1 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XVIII 

Pw. St. Alfonsius Maria de Ligouri (Putih)

BACAAN I: Yer. 28:1-17

MAZMUR: 119:29.43.79.80.95.105;

BACAAN INJIL: Matius. 14:13-21

Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka. Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit. Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa." Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan." Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan." Yesus berkata: "Bawalah ke mari kepada-Ku." Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh. Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

RENUNGAN

Dalam Injil hari ini, Yesus dikisahkan memberi makan lima ribu orang. Yesus melakukan hal tersebut karena Ia berbelas kasih terhadap para murid dan orang-orang yang telah mengikuti Dia untuk mendengarkan pengajaran-Nya. Dengan peristiwa itu, Ia tidak hanya mengajar dengan kata-kata, tetapi juga dengan teladan hidup di dalam kasih. Bahkan, Ia juga memerintahkan kepada para murid-Nya agar berbelas kasih dengan mengatakan, “... kamu harus membeni mereka makan”.

Kita sudah berulang kali mengucapkan kata kasih dan mungkin kita mempunyai pengetahuan yang dalam juga tentang makna kasih itu. Meskipun begitu, kadang kita masih sulit untuk melakukan tindakan-tindakan kasih dalam kehidupan sehari-hari. Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk sesering mungkin melakukan tindakan kasih untuk anggota keluarga, teman kerja, sesama pelayan Gereja, tetangga, dan untuk siapa pun tanpa pilih kasih. Dengan demikian, kasih Allah dirasakan oleh sebanyak mungkin orang, termasuk orang-orang yang tidak seiman dengan kita. OIeh karenanya, kita tidak hanya menjadi orang-orang yang fasih berbicara tentang kasih, tetapi juga menjadi pelaku pertama dan utama. Cinta kasih itu bukan sekadar wacana kata atau berhenti pada syair dan puisi indah saja, tetapi mesti sebuah tindakan nyata dalam hidup.

Allah Bapa Yang Mahakasih, semoga kasih-Mu yang senantiasa mengalir dalam hidup kami, memampukan kami untuk menjadi pribadi-pribadi yang berbelas kasih terhadap sesama. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 1 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel