RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 19 JULI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 19 JULI 2022

PEKAN BIASA XVI (Hijau)

St. Arsenius Agung; 

BACAAN I: Mi. 7:14-15.18-20

MAZMUR: 85:2-4.5-6.7-8;

BACAAN INJIL: Matius 12:46-50

Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau." Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

RENUNGAN

Yesus tidak menampik pentingnya hubungan batin yang tercipta karena keterkaitan biologis. Kita sering mendengar anak yang diadopsi punya kerinduan besar untuk menemukan orang tua biologisnya. Kendati demikian, persaudaraan kita tak seharusnya dibatasi oleh hubungan darah atau oleh keterkaitan marga, kesamaan suku, warna kulit, dan ikatan primordial lainnya. Hari ini Yesus jelas-jelas menggarisbawahi bahwa persaudaraan kita harus bersifat universal. Saudara kita ialah semua orang yang melakukan kehendak Allah. Seperti dalam kisah orang Samaria yang baik hati, sesama kita ialah siapa pun yang berbelas kasih serta mempraktikkan hukum kasih.

Ensiklik Paus Fransiskus yang berjudul Fratelli Tutti, secara harfiah berarti “Semua adalah Saudara”, mengajak umat Katolik untuk menciptakan persaudaraan terbuka dan tanpa batas, dan ini berarti untuk mengasihi semua orang tanpa dibatasi oleh sekat-sekat geografis ataupun ikatan primordial. Sebuah persaudaraan universal akan terwujud bila kita mampu mencintai orang yang asing dan tak dikenal seperti kerabat dekat. Paus mencontohkan St. Fransiskus Assisi yang di tengah kecamuk perang salib mendatangi Sultan Malik-al-Kamil di Mesir. Tanpa menyangkal identitasnya sebagai orang Katolik, St. Fransiskus “bergaul bersama orang Muslim dan orang tak beriman, tanpa menciptakan pertengkaran dan permusuhan, mengingat mereka ini adalah sesama manusia yang juga diciptakan berkat kasih Allah” (Fratelli Tutti, §3).

Allah Bapa, bimbinglah kami untuk mencintai tanpa batas dan membangun persaudaraan universal. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 19 JULI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel