RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 6 JULI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 6 JULI 2022

PEKAN BIASA XIV (HIJAU)

Sta. Maria Goretti

BACAAN I: Hos. 10:1-3.7-8.13

MAZMUR: 105:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Injil Matius 10:1-7

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

RENUNGAN:

Israel, umat pilihan Allah, sering lupa diri. Mereka telah dianugerahi kemakmuran, namun mereka malah membangun mezbah-mezbah dan beribadah kepada ilahilah lain. Mereka kehilangan fokus dan terbuai oleh hal-hal yang menjanjikan kepastian semu. Lupa akan Allah, mereka sedang membangun keruntuhan mereka sendiri. Melalui Nabi Hosea tanpa kenal lelah Allah memperingatkan mereka: “Menaburlah bagimu sesuai dengan keadilan, menuailah menurut kasih setia!” (ay. 1 2) . Kita akan menuai sesuai dengan apa yang kita tabur. “Orang yang menabur kecurangan akan menuai bencana” (Ams. 22:8a) . Jika kita menabur ketidakadilan, kita akan menuai kebencian dan permusuhan. Sebaliknya, jika menabur keadilan kita akan menuai kasih setia dan sesama.

Dua belas rasul yang dipanggil dan dipilih Yesus diberi instruksi khusus untuk tetap fokus dan tidak mudah tergoda oleh tawaran lain yang sekilas tampak menjanjikan: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain. . . melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dan umat Israel” (ay.5-6). Ini ditegaskan Yesus karena para rasul telah dibekali dengan belbagai kuasa, baik untuk mengusir roh-roh jahat maupun menyembuhkan penyakit. Jika mereka tidak fokus pada misi yang telah digariskan Yesus, kuasa yang luar biasa itu dapat membuat mereka lupa diri dan melakukan penyimpangan. Alih-alih menyapa umat yang membutuhkan, bisa jadi mereka hanya menyapa umat yang memuja mereka. Alih-alih mewartakan kasih dan kemuliaan Allah (gloria Dei) , boleh jadi mereka malah mewartakan kehebatan dan kemegahan diri (gloria sui) . Oleh pembaptisan yang kita terima, kita telah diangkat menjadi anak-anak piihan Allah. Pesan Yesus juga ditujukan kepada kita, supaya kita pun tidak boleh gampang menyimpang ke jalan bangsa lain. Tetapi tetap fokus pada jalan, kebenaran, dan hidup Tuhan sendiri, yang membawa kehidupan dan keselamatan bagi semua orang yang kita jumpai. 

Bapa, bantulah kami agar tetap fokus dan setia mengikuti petunjuk-Mu dan jangan biarkan kami terlena oleh ajakan dunia ini untuk melakukan apa yang menyimpang dari ajaran-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 6 JULI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel