RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 3 JULI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 3 JULI 2022

PEKAN BIASA XIV (HIJAU)

Pesta St. Tomas, Rasul

BACAAN I: Yes. 66:10-14c

MAZMUR : 66:1-3a.4-5.6-7a.16-20;

BACAAN II: Gal. 6:14-18

BACAAN INJIL: Lukas 10:1-9

Sekali peristiwa Tuhan menunjuk tujuh puluh murid, Ia lalu mengutus mereka berdua-dua mendahului-Nya ke setiap kota dan tempat yang hendak dikunjungi-Nya. Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala. Janganlah membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut, dan janganlah memberi salam kepada siapapun selama dalam perjalanan. Kalau kamu memasuki suatu rumah, katakanlah lebih dahulu: Damai sejahtera bagi rumah ini. Dan jikalau di situ ada orang yang layak menerima damai sejahtera, maka salammu itu akan tinggal atasnya. Tetapi jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Tinggallah dalam rumah itu, makan dan minumlah apa yang diberikan orang kepadamu, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Janganlah berpindah-pindah rumah. Dan jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu diterima di situ, makanlah apa yang dihidangkan kepadamu, dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu. Tetapi jikalau kamu masuk ke dalam sebuah kota dan kamu tidak diterima di situ, pergilah ke jalan-jalan raya kota itu dan serukanlah: Juga debu kotamu yang melekat pada kaki kami, kami kebaskan di depanmu; tetapi ketahuilah ini: Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: pada hari itu Sodom akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu." Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di surga."

RENUNGAN

Filsuf Yunani, Aristoteles, mengatakan, “Akar dari pendidikan itu pahit, tetapi buahnya manis”. Nabi Yesaya melihat penderitaan dan kepahitan hidup yang dialami bangsa Israel pada masa pembuangan di Babilonia sebagai bagian dari didikan Allah. Memang, dalam rangka pendidikan kadang “Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya” (Ibr. 12:6). Penderitaan dan kesulitan dalam hidup membuat orang berefleksi dan menarik hikmah darinya. Dengan kata lain, pengalaman pahit justru memicu orang untuk belajar dan berkembang. Ia akan menjadi lebih matang dan bijak dalam hidup. Dalam arti inilah buah dan pendidikan dan hajaran itu manis. Orang Israel yang setia kepada Allah akan dibebaskan dan pembuangan dan akan bersukacita serta bergirang di Yerusalem (ay.10).

Dengan mengutus tujuh puluh murid berdua-dua “seperti anak domba ke tengah-tengah serigala” tanpa “membawa pundi-pundi atau bekal atau kasut” (ay.3-4), Yesus sedang mendidik atau menghajar murid-murid-Nya. Yesus tidak pernah memanjakan para murid dengan kemudahan dan fasilitas. Dalam kondisi keterbatasan, mereka sedang dilatih untuk tidak mengandalkan kekuatan sendiri entah itu harta, talenta, kedudukan, popularitas, dll melainkan berani mempercayakan diri pada bantuan rahmat Allah semata. Dalam menjalankan perutusan, mereka tak boleh bertumpu pada kecakapan manusiawi belaka, tetapi mengandalkan kuasa Allah. Terbukti bahwa akhirnya “para murid itu kembali dengan gembira”, sambil bersaksi “bahkan setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu” (ay.17).

Ya Allah, tuntunlah kami menjadi utusan-utusan yang berani mewartakan kebenaran dan selalu mengandaIkan Engkau. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 3 JULI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel