RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 14 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 14 JUNI 2022

PEKAN BIASA XV (Hijau) 

St. Fransiskus Solanus;

BACAAN I: Yes. 26:7-9.12.16-19

MAZMUR: 102:13.14ab.15.16-18;

BACAAN INJIL: Injil Matius 11:28-30

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

RENUNGAN

Pada masa mudanya St. Agustinus adalah seorang pencari yang selalu gelisah; ia mencoba berbagai gaya hidup serta mengikuti berbagai ajaran kebijaksanaan dan keagamaan. Semuanya tak ada yang dapat memuaskan jiwanya. Namun setelah pencarian panjang pada akhirnya ia mengenal dan mengimani Allah dalam Gereja Katolik, lalu menyimpulkan dengan indah. “Gelisah hatiku sebelum beristirahat pada-Mu” (Confessiones. 1.1). Dalam bacaan pertama hari ini, Nabi Yesaya juga menggambarkan Allah sebagai embun terang yang dapat memuaskan dahaga jiwa manusia; jiwa manusia yang merindukan istirahat abadi. Kekayaan, kepandaian karier, popularitas,semuanya terasa menyenangkan, tetapi tetap tak dapat memuaskan kehausan jiwa yang terdalam. Hanya Tuhan yang dapat memuaskan dahaga manusia. Manusia selalu merindukan Tuhan, karena manusia memang diciptakan untuk bersatu dengan-Nya. Kesatuan abadi dengan Tuhan itulah yang dapat memuaskan dan menenteramkan jiwa. Tulis Yesaya: “Dengan segenap jiwa aku merindukan Engkau pada waktu malam, juga dengan sepenuh hati aku mencari Engkau pada waktu pagi’ (ay.9).

Demikian pula dalam Injil hari ini, Yesus membuka tangan lebar-lebar dan mengundang semua yang berbeban berat dalam hidup untuk datang kepada-Nya: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kepadamu” (ay.28). Yesus tidak hanya mengajak kita untuk memperhatikan orang miskin, mencari yang hilang, mencintai tanpa pamrih, mengampuni tanpa batas, dst., tetapi ia juga menjadi tambatan hati tempat kita dapat menyandarkan diri manakala jiwa kita lelah. Yesus adalah embun sejuk yang dapat menyegarkan jiwa kita. la tidak hanya menuntut kita melakukan sesuatu untuk Dia, tetapi juga mengundang kita untuk diam dan menikmati saat-saat bersama-Nya.

Tuhan Yesus, Engkaulah tumpuan harapan dan kerinduan hati kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 14 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel