RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 29 JULI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 29 JULI 2022

PEKAN BIASA XVII

Pw. Sta. Marta, Maria dan Lazarus (PUTIH)

BACAAN I: Kid. 3:1-4a atau 2Kor. 4:14-17

MAZMUR: 63:2.3-4.5-6.8-9;

BACAAN INJIL: Yohanes 20:1.11-18

Di situ banyak orang Yahudi telah datang kepada Marta dan Maria untuk menghibur mereka berhubung dengan kematian saudaranya. Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya." Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit." Kata Marta kepada-Nya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman." Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

RENUNGAN:

Hari ini, kita memperingati tiga sahabat Tuhan Yesus. Mereka adalah Marta, Maria, dan Lazarus. Di tengah kabut duka karena kematian Lazarus, Yesus datang menemui Maria dan Marta. Dalam perjumpaan itu terjadi dialog iman; sebuah dialog yang membebaskan Maria dan Marta dari rasa kehilangan, karena Tuhan menyatakan diri-Nya kepada mereka: “Akulah kebangkitan dan hidup; barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya.”

Hal yang mengagumkan adalah tanggapan mereka terutama melalui mulut Marta: “Ya, Tuhan, aku percaya bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia.” Mereka tidak menolak pernyataan diri Tuhan itu, tetapi mereka mengimaninya. Mereka percaya bahwa Yesus adalah “kebangkitan dan hidup”. Karena itu, mereka mengalami penghiburan di tengah situasi duka dan mereka “hidup kembali” setelah mati karena kehilangan Lazarus. Bagaimana dengan kita? Apakah sungguh-sungguh mengimani bahwa Yesus adalah “kebangkitan dan hidup”? Mari kita belajar dan teladan hidup tiga sahabat Tuhan itu: Marta, Maria, dan Lazarus.

Ya Bapa yang hidup. Kami menyembah dan memuijakan Dikau. Semoga kami mampu meneladan Maria, Marta, dan Lazarus yang sungguh mengimani Engkau sebagai kebangkitan dan hidup. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 29 JULI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel