RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 27 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 27 JUNI 2022

PEKAN BIASA XIII (HIJAU)

Sta. Emma, Sta. Cyrilus

BACAAN I: Am. 2:6-10.13-16

MAZMUR: 50:16bc-17.18-19.20-21.22-23;

BACAAN INJIL: Matius. 8:18-22

Ketika Yesus melihat orang banyak mengelilingi-Nya, Ia menyuruh bertolak ke seberang. Lalu datanglah seorang ahli Taurat dan berkata kepada-Nya: "Guru, aku akan mengikut Engkau, ke mana saja Engkau pergi." Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya." Seorang lain, yaitu salah seorang murid-Nya, berkata kepada-Nya: "Tuhan, izinkanlah aku pergi dahulu menguburkan ayahku." Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku dan biarlah orang-orang mati menguburkan orang-orang mati mereka."

RENUNGAN

Yesus meminta kepada setiap orang yang ingin mengikuti jalan hidup dan cara perjuangan-Nya agar mereka memiliki kesediaan penuh. Kesediaan yang dasariah itu diperlukan untuk membangun kehidupan. Pertemuan Yesus dengan ahli Taurat yang penuh semangat itu menegaskan sikap sedia dan rela yang dasariah itu. Orang ditantang hidup bermodal ‘dengkul’ (lutut) saja untuk berani mengikuti Yesus ke mana pun la pergi. la sendiri ‘kandang Iangit kemul mega’ (rumahnya di bawah langit dan selimutnya awan). la tidak memiliki apa pun untuk dibanggakan.

Kepada orang yang masih ragu-ragu, Yesus menyampaikan sabda kenabian yang tegas. Orang dihadapkan pada piihan yang jelas: Yesus atau yang lain. Bila prioritas pilihan dalam kehidupan ini tidak jelas, akan sulitlah menata kehidupan dengan cermat. Yesus menyadarkan para murid akan hal ini. Apakah kesadaran demikian juga kita kembangkan dalam hidup kita sendiri?

Ya Tuhan, hidup lepas bebas tak mudah kami jalani. Namun, karena teladan hidup-Mu sendiri, kami pun berusaha hidup lepas bebas dan mengikuti kehendak Bapa di surga. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 27 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel