RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 13 JUNI 2022

PEKAN BIASA XI

PW St. Antonius dr Padua (PUTIH)

BACAAN I: 1Raj. 21:1-16

MAZMUR: 5:2-3.5-6.7;

BACAAN INJIL: Matius. 5:38-42

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

RENUNGAN

Kasih menjadi landasan hidup bersama. Yesus menegaskan bahwa kasih itu harus juga menyapa lawan dan memperbarui hubungan yang gagal. Perjuangan mengamalkan kasih butuh pengorbanan. Kasih pada dasarnya adalah aktif memberikan. Tetapi, cara memberikan juga menjadi penting. Kasih tidak didasarkan pada pembalasan, apalagi pembalasan dalam kekerasan. Kekerasan hanya membuahkan dendam.

Kasih sejati adalah usaha terus-menerus. Tidak ada kata akhir. Setiap hari dan di mana pun kita dipanggil untuk mewujudkan kasih itu. Salah satu usaha yang mengungkapkan kasih itu adalah membawa damai atau berdamai. Perjuangan bisa bernada keras, tetapi cara berjuang memang tidak harus keras. Semangat mendasar murid Yesus bukanlah mengusahakan kekerasan, melainkan perdamaian. Bagaimana semangat damai ini kita wujudkan dalam hidup?

Ya Tuhan, jadikanlah kami pembawa damai di mana ada kekerasan, konflik, amarah dan balas dendam. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel