RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 11 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 11 JUNI 2022

PEKAN BISA X 

PW St. Basrnabas, Rasul (Merah)

BACAAN I: Kis. 11:21b-26; 13:1-3

MAZMUR: 98:1.2-3ab.3c-4.5-6;

BACAAN INJIL : Matius 10:7-13

Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

RENUNGAN:

Melalui warta Injil hari ini, kita bisa melihat, Yesus meminta kepada para murid-Nya untuk ‘pergi’ dan berbuat baik, tulus, tanpa pamrih dan selalu mengandalkan Dia. Kita tidak hanya mengandalkan kelebihan ataupun kenyamanan fasilitas kita. Karena kepasrah pada Tuhan akan meringankan dan membahagiakan kita. Hari ini Gereja mempeningati pesta St. Barnabas, rasul. Nama sebenarnya adalah Yusuf, namun oleh para rasul, ia dipanggil Barnabas yang artinya “anak penghiburan”. la banyak melakukan pelayanan bersama Paulus yang saat itu lebih dikenal dengan nama Saulus.

Dalam Kisah Para Rasul, kita mengenal Barnabas sebagai seorang rasul yang baik hati, bijaksana, murah hati, dan penuh iman. Dia adalah orang pertama yang berani menanggapi pewartaan para rasul dan menyerahkan seluruh hartanya bagi Gereja. Barnabaslah yang menolong Paulus, ketika Paulus kurang diterima oleh kalangan murid-murid di Yerusalem. Ia jugalah yang menjemput Paulus, tatkala Paulus “dipulangkan” oleh murid-murid Tuhan di Tarsus, kampung halamannya. Karena Barnabas, Paulus diterima dalam jemaat Kristiani, khususnya di Antiokhia, dan pada saatnya Paulus akan menjadi rasul besar, yakni rasul dan guru segala bangsa. Teladan hidup Barnabas menjadi model bagi kita dalam mengikuti jejak Yesus Kristus, sehingga kita semakin dekat dengan Allah dan semakin banyak orang sampai pada pengalaman perjumpaan dengan Allah.

Ya Tuhan Yesus, kuatkanlah kami untuk selalu giat mewartakan Kabar Gembira kepada semua orang yang kami jumpai dalam hidup sehari-hari. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 11 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel