RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 19 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 19 JUNI 2022

HARI RAYA TUBUH DAN DARAH KRISTUS (PUTIH)

BACAAN I: Kej. 14:18-20

MAZMUR : 110:1.2.3.4;

BACAAN II: 1Kor. 11:23-26

BACAAN INJIL: Lukas 9:11b-17

Sekali peristiwa Yesus berbicara kepada orang banyak tentang Kerajaan Allah, dan Ia  menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan. Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi." Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini." Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok." Murid-murid melakukannya dan menyuruh semua orang banyak itu duduk. Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul.

RENUNGAN

Mukzat penggandaan roti dan ikan seperti yang diwartakan dalam Injil hari ini senantiasa dihubungkan dengan Ekarisi. Ekaristi merupakan sumber dan puncak kehidupan Kristiani (Lwnen Gentium, art. 11). Namun, sering kali, Ekaristi dihayati hanya sebagai sebuah bentuk perayaan/ upacara. Padahal, sesungguhnya, dalam Ekaristi kita sungguh berjumpa dengan Tuhan yang hadir nyata dalam Tubuh dan Darah Kristus. Tubuh dan Darah Tuhan itulah yang kita terima dalam Ekaristi.

Karena itulah, kita sebagai umat Kristiani mesti hidup dengan semangat ekaristi. Kita dipanggil untuk dipecah-pecahkan dan dibagi-bagikan menjadi berkat bagi banyak orang. Hidup yang ekaristis itu adalah hidup yang penuh syukur. Kita menerimanya secara cuma-cuma dan Tuhan, maka kita pun membagi-bagikannya dengan hati riang gembira kepada orang lain terutama yang sangat membutuhkan. Sudahkah kita bersyukur atas hidup yang kita terima? Sudahkah kita berbagi dengan orang-orang miskin, lapar, dan lemah?

Ya Tuhan, kami bersyukur atas rahmat Ekaristi yang boleh kami nikmati setiap hari. Semoga rahmat istimewa itu membuat jiwa kami semakin bersyukur dan bersukacita atas hidup ini. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 19 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel