RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 8 MEI 2022)



RENUNGAN HARIAN

MINGGU, 8 MEI 2022 

PEKAN PASKAH IV (PUTIH)

HARI MINGGU PANGGILAN

BACAAN I: Kis. 13:14.43-52

MAZMUR : 100:2.3.5;

BACAAN II: Why. 7:9.14b-17

BACAAN INJIL: Yohanes 10:27-30

DOA PAGI:

Allah Yang Mahakuasa dan Kekal, antarlah kepada kami persekutuan sukacita surgawi supaya kawanan yang lemah ini sampai ke tempat, yang sudah dicapai oleh Gembala kami dengan langkah hidup yang gagah. Demi Kritus Tuhan dan pengantara kami. Amin

<<<RENUNGAN>>>

Kita sangat bersukacita pada Hari Minggu Paskah IV ini. Hari ini adalah Hari Minggu Panggilan; Bunda Gereja mengajak juga kita berdoa untuk panggilan khusus menjadi Imam dan biarawan-ti; merekalah yang akan menggembalakan kita umat-Nya. Kisah Injil hari ini perihal Pastor Bonus atau Gembala Baik. Kisah tersebut merupakan salah satu jawaban Yesus terhadap pertanyaan mendasar kaum Farisi dan pemimpin Yahudi, apakah Yesus adalah Mesias? Pertanyaan ini terus menjadi kontroversi hingga saat kematian Yesus.

Yesus memberikan jawaban dengan gambaran metafora Domba-Gembala. Yesus sebagai gembala yang baik dan komunitas orang-orang yang percaya kepada Yesus sebagai kawanan domba. Gambaran ini sudah dikenal luas di kalangan umat Kristiani dan merupakan “gambaran dasar” dalam tradisi iman kita yang berlangsung berabad-abad hingga saat ini. Hal ini menggarisbawahi hubungan Yesus dengan kita para pengikut-Nya. Gambaran gembala baik memberi pesan kepada kita bahwa domba-domba dilindungi, dijaga, diperhatikan; diantar kepadang rumput hijau dan sumber air oleh para gembalanya. Sabda Yesus, Aku memberikan hidup yang kekal (Yoh. 10:28). Dijelaskan, relasi yang intim dan akrab antara Yesus dengan para murid-Nya. Sang gembala secara pribadi mengenal dan mengetahui dombanya sejak dilahirkan; dia kenal suara domba-dombanya.  Bahkan ia memberikan satu cap khusus kepada setiap domba sebagai tanda hak milik.

Demikianlah gambaran cinta kasih Penebus kepada kita setiap anggota tubuh Gereja. Atas dasar kasih, yang tanpa batas dan tanpa syarat, Ja mempersembhk hidup-Nya untuk semua orang. Bacaan I hari ini menggarisbawahi perutusan Paulus dan Barnabas: keselamatan bonus dibawa sampai ke ujung bumi (bdk. KiS. 13:47). Perutusan untuk “berpaling kepada bangsa-bangsa lain” merupakan penggenapan nubuat nabi ‘Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.”

Kita bersukacita karena dengan menerima Sakramen Baptis kita menjadi kawanan domba Yesus dan ambil bagian dalam kebahagiaan Sang Gembala. Pertanyaan permenungan, sebagai kawanan domba: Sejauh mana kita mengenal Suara Sang Gembala? Mari, bersama Bapa Suci, kita doakan pemuda-pemudi agar mendengarkan suara panggilan Tuhan untuk menjaiani panggilan khusus menjadi imam dan biarawan-biarawati. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (MINGGU, 8 MEI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel