RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 10 MEI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 10 MEI 2022

OKTAF PASKAH IV

St. Antonius dr Florence

BACAAN I: Kis. 11:19-26

MAZMUR: 87:1-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Yohanes 10:22-30

Pada hari raya Penahnisan Bait Allah di Yerusalem, ketika itu musim dingin, Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapapun, dan seorangpun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa. Aku dan Bapa adalah satu."


RENUNGAN

Ketidakpercayan orang Yahudi terhadap Yesus membuat mereka sendiri bimbang. Meskipun Yesus telah mengatakan bahwa Dialah Mesias itu, entah itu lewat kata-kata, tindakkan dan bahkan mukjizat-mukjizat yang sering dibuat-Nya di tengah-tengah mereka, tapi mereka tetap saja tidak percaya. Sementara itu, jemaat perdana meskipun mengalami penganiayaan tapi tidak mengalami kebimbangan, patah semangat, dan kegoncangan iman karena mereka percaya kepada Tuhan. Justru hal itu semakin membuat mereka berani menyebar ke tempat-tempat lain dan mewartakan bahwa Yesus adalah Tuhan.

Dalam menjalani kehidupan ini, kita pun sering kali bimbang dan kurang percaya ketika mengalami tantangan hidup. Kita begitu mudah terlepas dan pegangan utama kita, yakni Allah sendiri. Kita lalu mencari pegangan lain, yang bukan dan Allah. Semestinya, kita percaya dan menyerahkan perkara kita kepada Tuhan. karena Dialah sumber utama kekuatan kita dalam menghadapi berbagai badai dalam hidup. Dengan sungguh percaya kepada-Nya, kita akan menemukan jalan keluar dan setiap kemelut yang kita hadapi. Tuhan tidak membiarkan kita berjuang sendirian, tetapi Dia selalu hadir dan menyertai kita.

Ya Tuhan, kami sering kali tidak percaya dan mengabaikan-Mu. Bantulah kami agar dalam menjalani hidup ini kami selalu berpasrah diri pada kehendak-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 10 MEI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel