RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 5 MEI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 5 MEI 2022

OKTAF PASKAH III (PUTIH)

St. Hilarius dari Arles; Sta. Yutta

BACAAN I: Kis. 8:26-40

MAZMUR: 66:8-9.16-17.20;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 6:44-51

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, "Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman. Ada tertulis dalam kitab nabi-nabi: Dan mereka semua akan diajar oleh Allah. Dan setiap orang, yang telah mendengar dan menerima pengajaran dari Bapa, datang kepada-Ku. Hal itu tidak berarti, bahwa ada orang yang telah melihat Bapa. Hanya Dia yang datang dari Allah, Dialah yang telah melihat Bapa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal. Akulah roti hidup. Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia."

RENUNGAN:

Kisah Para Rasul menceritakan bagaimana Filipus mewartakan Injil Tuhan Yesus Kristus, bahkan seorang Etiopia, sida-sida, pembesar dan kepala Perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia itu menjadi percaya dan meminta dirinya dibaptis setelah mendengar pewartaannya. Lalu, Yohanes dalam Injilnya mengisahkan tentang Yesus yang adalah roti hidup dan barang siapa yang memakannya ia akan hidup selamanya. Kedua bacaan tersebut menarik sekali untuk kita renungkan, apalagi dalam menghadapi tantangan hidup, misalnya, seperti wabah Covid- 19. Mengapa? Karena dengan mendengarkan Sabda Tuhan, kepercayaan kita makin diteguhkan. Karena keyakinan inilah membuat kita berani dibaptis.

Karena kita sudah dibaptis berarti kita sudah dimateraikan untuk menjadi pengikut Kristus yang berani dan setia serta siap diutus ke mana pun. Sebagai wujud pernyataan iman kepercayaan kita, maka sangat diharuskan untuk merayakan Ekaristi. Lalu mengapa merayakan kurban Misa, yang live streaming atau live? Karena dengan merayakannya, kita mengucapkan syukur kepada Tuhan dalam puncak perayaan iman kita tersebut. Dalam perayaan itu, kita diundang oleh Tuhan untuk menyambut Roti Hidup, yaitu Allah sendiri yang menguatkan kita untuk menghadapi dampak Covid- 19 ini dan banyak tantangan hidup lainnya.

Ya Tuhan, bantulah kami untuk lebih menyadari kehadiran-Mu dalam pembaptisan dan perayaan Ekaristi, agar mampu menghadapi segala tantangan dalam kehidupan ini. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 5 MEI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel