RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 20 MEI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 20 MEI 2022

OKTAF PASKAH IV (PUTIH)

St. Eugenius dr Mazenod

BACAAN I: Kis. 15:22-31

MAZMUR: 56:8-9.10-12;

BACAAN INJIL: Yohanes 15:12-17

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."

RENUNGAN:

Dalam Injil hari ini, Yesus memberi perintah kepada murid-murid-Nya supaya mereka “... saling mengasihi seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih baik daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya” (Yoh 15:12—13). Amanat yang diberikan Yesus kepada murid-murid-Nya menunjukkan bahwa yang memberikan nyawa untuk sahabat-sahabat-Nya ialah Yesus Kristus sendiri.

Yesus mau mengajarkan kepada kita bahwa berkorban untuk sesama adalah ciri corak sebagai murid-Nya. Dalam hidup, hendaknya kita saling mengasihi, bukan malah salaing memusuhi. Yesus Kristus sudah menunjukkan hal tersebut kepada murid-murid-Nya untuk berani menjadi martir demi mengasihi sesama, seperti Dia yang tersalib dengan hina demi sahabat-Nya, yakni umat manusia yang la cintai. Apakah kita takut untuk membantu mereka yang tertindas karena akan dicap mencari muka? Apakah kita takut menolong mereka yang kesusahan karena dianggap mencari perhatian?

Tuhan Yang Mahakuasa, buatlah kami semakin berani untuk menjadi martir demi sesama yang membutuhkan pertolongan dan siap menanggung risiko. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 20 MEI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel