RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 21 APRIL 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 21 APRIL 2022

OKTAF PASKAH I (PUTIH)

St. Anselmus; St. Simon bar Sabbae

BACAAN I: Kis. 3:11-26

MAZMUR: 8:2a.5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 24:35-48

Dua murid Yesus yang dalam perjalanan ke Emaus ditemui Yesus yang bangkit, segera kembali ke Yerusalem. Mereka menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

RENUNGAN:

Keragauan sering kali hadir dan mejadi bagian dalam kehidupan kita. Keraguan hadir di saat kita dituntut untuk membuat suatu keputusan atas pilihan-pilihan hidup. Tidak jarang, kita merasa kecewa, sedih dan mungkin putus asa ditinggal orang yang menjadi idola dan panutan. Hal itu menjadikan kita tidak sadar akan keterlibatan Tuhan dalam hidup kita. Mungkin kita akan seperti para murid-Nya; menganggap Dia yang telah wafat dan bangkit sebagai hantu ketika tiba-tiba ada di antara kita.

Ketika Covid-19 menghantam kita beberapa tahun ini, sebagian dari kita menanyakan: kemanakah Tuhan saat ini? Melalui bacaan hari ini, Yesus menyatakan bahwa Dialah Tuhan yang bangkit dan bukan hantu, akan selalu hadir dan menyertai kita dalam peziarahan hidup kita. Pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk mengenal lebih dekat orang-orang di sekitar rumah kita. Kita diajak untuk menjadi saksi akan wafat dan kebangkitan Kristus dengan tetap semangat mengikuti Protokol Kesehatan (ProKes) yang ada. Apakah kita bersedia untuk menjadi saksi pentingnya mengikuti ProKes dalam peziarahan hidup di mana pun kita berada?

Tuhan, janganlah biarkan kami hidup dalam ketakutan. Semoga salam-Mu selalu menghadirkan damai sejahtera dalam hidup kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 21 APRIL 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel