MAKNA TANDA SALIB DI DAHI, MULUT, DAN DADA



MAKNA TANDA SALIB DI DAHI, MULUT, DAN DADA

Pada waktu menjelang pembacaan Injil, umat menjawab seruan Imam: "Terpujilah Kristus", sambil membuat tanda salib kecil di bagian dahi, mulut, dan dada. Apa simbol dan makna dari gerakan tersebut?

Tanda salib tersebut di dahi.

Tanda ini memiliki arti, “Dalam pikiranku, saya percaya”. Anda meminta bantuan roh kudus agar Anda bisa percaya pada sabda Tuhan, dalam pikiran Anda. 

Tanda salib di mulut. 

Tanda ini memiliki arti, “Melalui mulutku saya mewartakan”. Anda setuju untuk mewartakan sabda Tuhan yang anda percayai dalam pikiran Anda ke semua orang.

Tanda salib di dada.

Tanda yang ini memiliki arti, “Dalam hatiku, saya simpan sabda Tuhan”. Anda sudah percaya pada sabda Tuhan, dan anda juga sudah setuju untuk mewartakannya ke semua orang agar mendapat keselamatan. 

Namun Anda harus juga menyimpan sabda Tuhan itu dalam hati Anda, agar Anda pun beroleh berkat-Nya Intinya, karena ini di awal/sebelum Injil dibacakan, maka kesadaran yang dibangun adalah memohon kepada Tuhan untuk membuka dan menerangi pikiranku dengan terang Roh Kudus (tanda salib di dahi); lalu juga menjadikan mulutku pantas untuk mewartakan Sabda suci dan hanya akan mewartakan/mengucapkan yang baik-baik saja seturut Sabda Suci (tanda salib di mulut); dan semoga Sabda itu sungguh meresap dan menjadi sumber kekuatan di dalam hati (tanda salib di dada).


0 Response to "MAKNA TANDA SALIB DI DAHI, MULUT, DAN DADA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel