API PENYUCIAN ATAU PULGATORIUM, APAKAH ADA?



APAKAH API PENYUCIAN ITU ADA?

Api Penyucian atau disebut juga Purgatorium adalah tempat atau proses kita di sucikan setelah mengalami kematian. Api Penyucian yang dialami oleh orang-orang yang telah meninggal dalam keadaan rahmat dan dalam persahabatan dengan Tuhan, namin belum suci sepenuhnya. Sehingga diperlukan proses pemurnian setelah kematian.

Ada orang-orang yang berpikir bahwa jika Allah itu Maha Pengampun, maka tidak ada lagi yang harus dipikirkan mengenai ‘akibat dosa’ sebagai konsekuensinya. Namun kenyataannya, hampir seluruh bagian Kitab Suci menceritakan sebaliknya. Selalu saja ada konsekuensi yang ditanggung oleh manusia, jika la berdosa terhadap Allah, meskipun Allah telah memberikan pengampunan.

Allah menginginkan kita agar kita menjadi kudus dan sempurna, maka Allah juga mendidik kita dengan derajat keadilan yang sempurna. Sebab pada akhirnya, yang diinginkan Allah adalah kita menjadi benar-benar kudus, sehingga siap untuk bersatu dengan Dia yang Kudus di surga. Kekudusan ini harus menjadi milik jiwa kita sendiri dan bukan seolah-olah kita hanya ‘diselubungi’ oleh kekudusan Kristus, padahal di balik selubung itu jiwa kita masih penuh dosa. 

Maka, jika kita belum sepenuhnya kudus, pada saat kita meninggal, kita masih harus disucikan terlebih dahulu di Api Penyucian, sebelum dapat bersatu dengan Tuhan di surga. Pengingkaran akan adanya Api Penyucian sama dengan pengingkaran akan keadilan Tuhan. Padahal Keadilan sama seperti Kasih dan Kesetiaan- adalah hakekat Tuhan, yang tidak dapat disangkal oleh Tuhan sendiri.

0 Response to "API PENYUCIAN ATAU PULGATORIUM, APAKAH ADA?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel