RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 MARET 2022)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 14 MARET 2022

PEKAN PRAPASKAH II (UNGU)

St. Matilda, Pengaku iman

BACAAN I: Dan. 9:4b-10

MAZMUR: 79:8.9.11.13

BACAAN INJIL: Lukas 6:36-38

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Renungan:

Banyaknya dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan sering kali menjadi penghambat bagi kita untuk bertobat dan kembali kepada Bapa. Kita sendiri yang seolah tidak bisa menerima keburukan diri kita, kita merasa malu dan karena itu tidak bisa memaafkan diri sendiri. Nubuat Daniel mengingatkan bahwa pada Tuhan, Allah kita, ada belas kasih dan pengampunan. Kendati kita sudah melakukan begitu banyak dan bermacam-macam dosa, Allah tetap memegang perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap kita (Dan. 9:4b- 10). Allah selalu siap mengampuni dan menerima kita kembali.

Allah kita itu murah hati. Dia tidak memperlakukan kita setimpal dosa kita, tetapi selalu siap memberikan pengampunan. Agar kemurahan hati Allah itu dapat menjadi efektif dalam diri kita, maka kita diminta juga bersikap murah hati dan memberikan pengampunan kepada sesama. Kemurahan hati dan pengampunan yang kita lakukan akan membuka hati kita untuk siap menerima kemurahan hati dan pengampunan dan Allah (Mat. 6:36-38).

Ya Bapa Yang Murah Hati, bimbinglah kami agar mampu bermurah hati terhadap sesama seperti Engkau yang selalu bermurah hati kepada kami. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 MARET 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel