RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 23 MARET 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 23 MARET 2022

PEKAN PRAPASKAH III (UNGU)

St. Alfonsus Toribo

BACAAN I: Ul. 4:1.5-9

MAZMUR: 147:12-13.15-16.19-20;

BACAAN INJIL: Injil Matius 5:17-19

"Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

RENUNGAN:

Allah memberi kita ketetapan dan peraturan agar kita tumbuh dalam kebijaksanaan. Semua itu diberikan untuk kebaikan dan kesejahteraan manusia. Akan tetapi, kelicikan dan kecenderungan dosa dalam diri manusia sering kali membuat manusia mencari lubang-lubang yang melemahkan pelaksanaan ketetapan dan peraturan itu (Ui. 4:1.5-9). Yesus datang bukan untuk menghapuskan hukum dan peraturan, tetapi untuk menggenapinya. Artinya untuk melaksanakan hukum dan peraturan itu secara benar dan utuh, dan mengajarkannya.

Sikap Yesus menjadi teladan bagi kita pada masa pertobatan ini, yaitu melakukan hukum dan peraturan secara benar dan utuh. Jangan bersilat kata menafsirkan hukum dan peraturan sesuai kepentingan sendiri. Jangan terpaku hanya pada kata-kata, tanpa masuk ke dalam jiwa dasar hukum itu. Hukum dan peraturan harus membawa kita agar lebih mengasthi Allah dan sesama. Allah tidak berkenan pada orang yang mempermainkan hukum untuk kepentingan sesaat dan diri sendiri atau kelompok.

Ya Yesus yang baik, terima kasih atas teladan yang Kauberikan untuk menggenapi hukum dan peraturan Allah. Jadikanlah kami murid-murid-Mu yang bisa Kaubanggakan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 23 MARET 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel