RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 4 MARET 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 4 MARET 2022

HARI JUMAT SESUDAH RABU ABU (UNGU)

St. Kasimirus; B. Humbelina

BACAAN I: Yes. 58:1-9a

MAZMUR: 51:3-4.5-6a.18-19;

BACAAN INJIL: Matius 9:14-15

Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.

RENUNGAN:

Masa Prapaskah adalah masa pertobatan. Salah satu sarana untuk pertobatan ialah berpuasa atau berpantang. Puasa/ pantang yang dimaksud bukanlah sekadar sebagai pelaksanaan hukum, melainkan berbalik dari perbuatan-perbuatan jahat kita, misalnya menindas orang-orang kecil, tidak mau peduli pada orang lain dan hanya mengurusi diri sendiri, semena-mena kepada sesama, berbantah dan berkelahi. Puasa yang dilakukan demi hukum dan bukan menjadi sarana petobatan tidak berkenan pada Allah. Jika kita berpuasa demikian, doa-doa kita tidak akan didengarkan Allah.

Hendaknya puasa kita tidak hanya terarah pada kepuasan rohani diri sendiri, tetapi menjadi sarana pertobatan yang konkret dan menghasilkan buah nyata, yaitu menghentikan segala perbuatan jahat dan terwujud dalam tindakan-tindakan kasih untuk sesama, misalnya membuka belenggu kelaliman, membagikan roti, memberi tumpangan kepada mereka yang terlantar, dll (Yes. 58:1 -9a). Menjauhkan diri dan perbuatan-perbuatan jahat, sehingga kita menjadi lebih dekat dengan Yesus Kristus, Sang Mempelai (Mrk. 9:14-15). Hati yang remuk redam akan membuat terang kita merekah seperti fajar dan penyakit-penyakit kita disembuhkan.

Ya Allah Yang Maharahim, arahkanlah puasa-pantang kami agar menjadi sarana pertobatan dan berguna secara konkret untuk sesama kami serta mendekatkan kami pada Kristus, Sang Mempelai. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 4 MARET 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel