RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 18 MARET 2022)



RENUNGAN HARIAN 

JUMAT, 18 MARET 2022

PEKAN PRAPASKAH II (UNGU)

St. Savator OFM; St. Anselmus dr Lucca

BACAAN I: Kej. 37:3-4.12.13a.17b-28

MAZMUR: 105:16-17.18-19.20-21;

BACAAN INJIL: Matius 21:33-43.45-46

DOA PAGI:

Allah Bapa Mahaagung, karya-karya-Mu demikian ajaib, bahkan Putra Tunggal-Mu Engkau berikan sebagai tebusan dosa-dosa kami. Bukalah hati dan budi kami supaya kami mampu memahami kehadiran dan kerya-Mu dalam hidup kami. Amin

RENUNGAN:

Perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur sangat dramatis. Pemiliknya sudah menyiapkan segalanya dengan sangat baik. Dia punya impian tentang kebun anggur yang menghasilkan buah yang banyak. Untuk itu, dia menyewa orang-orang untuk memeliharanya dengan baik sampai datangnya musim petik. Tetapi, apa yang terjadi? Ketika datang panen, bukannya memberi hasil panen, mereka malah menganiaya para utusan. Anak si pemilik kebun anggur itu pun tidak luput dan keganasan orang-orang sewaan itu. Sungguh ironis. Mereka sudah dipercaya sedemikian rupa, tetapi mereka tidak tahu diri dan tidak tahu terima kasih. Seperti itulah yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin agama Yahudi, yang akhirnya menyalibkan Yesus.

Perumpamaan ini relevan bagi kita. Allah telah menganugerahkan hidup kepada kita. Seperti pemilik kebun anggur itu, Dia punya mimpi pula atas hidup kita. Dia mempercayakan hidup untuk dijaga, dikembangkan, hingga nanti berbuah banyak. Kita pun juga sedang mengembangkannya. Akan tetapi, di sinilah sering muncul persoalan. Godaannya banyak. Kita tergoda untuk malas dan setengah hati menjalankan hal-hal yang berkaitan dengan Allah. Kita tergoda untuk mencari aneka dalih agar bisa mengurangi wajiban kita. Kita tergoda untuk memikirkan diri dan kenyamanan sendiri. Kita memang merusak kebun anggur hidup kita, tetapi hanya memeliharanya secara suam-suam kuku.

Perumpamaan ini mengajak kita untuk kembali melihat ke dalam diri kita sendiri. Allah telah menganugerahkan kesanggupan untuk menghasilkan buah dan kebun anggur buah-buah yang mengagumkan. Semuanya akan benar-benar terwujud manakala hidup ini dengan penuh syukur, tanggung jawab dan rendah hati.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (JUMAT, 18 MARET 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel