RENUNGAN ROHANI KATOLIK (KAMIS, 17 FEBRUARI 2022)



RENUNGAN ROHANI KATOLIK

KAMIS, 17 FEBRUARI 2022

PEKAN BIASA VI (Hijau)

St. Teodulus; St. Bonfilio

BACAAN I: Yak. 2:1-9

MAZMUR: 34:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Injil Markus 8:27-33

DOA PAGI:

Allah Bapa Sumber Kedamaian, jadikanlah kami kaya raya berkat Roh Putra-Mu, sebab kini kami mendengarkan sabda-Mu dan mengenangkan Dia yang merupakan berkat, keselamatan, dan kedamaian kami. Sebab Dialah Tuhan, yang Hidup dan Berkuasa, Allah sepanjang segala masa. Amin

RENUNGAN:

Ketika masih bertugas di Semarang, setiap Minggu pertama saya diminta mengisi acara “Oase Kasih’ Acara ini merupakan kegiatan siaran Agama Katolik di salah satu stasiun televisi dijawa Tengah jam 15.00 secara live. Saya mengisi acara ini sekitar 3 tahun. Setiap akhir acara itu ada kuis via sms. Yang mengirim jawaban kuis dan berbagal kota: Purwokerto, Cilacap, Kebumen, Tegal, Semarang, Kudus, Ungaran, Salatiga, Kiaten, Sragen, Ngawi, dsb.

Pernah suatu kali ada SMS yang tidak menjawab pertanyaan kuis, tetapi isi SMS nya mengumpat, “Kitab Suci Anda kitab porno. Anda pengikut bajingan. Yesus jancuk”. Kata SMS itu saya ucapkan terimakasih atas atensinya sudah menonton Oase Kasih dan sudah mencatat no HP kuis tesebut.

Dalam bacaan Injil hari ini Tuhan Yesus bertanya kepada para murid saat dalam perjalanan di Kaisarea Filipi, “Apa katamu, siapakah Aku ini?” Salah satu awabannya disampaikan oleh Simon Petrus, “Engkau adalah Mesias”. Sedangkan orang banyak memandang Yesus bermacam-maCafli. Ada yang menyebut Yesus itu seperti Yohanes Pembaptis, Elia, dan salah seorang dan para nabi.

Lantas, siapakah Yesus bagi Anda? Pemahaman seseorang akan Yesus dipengaruhi oleh latar belakang hidupnya, sudut pandangnya, dan pengalaman personal dengan Yesus. Setiap orang bisa memberikan jawahan yang berbeda-beda. Bagi orang yang SMS saya tadi, Yesus adalah bajingan dan jancuk (sialan, keparat, brengsek).

Bagi salah seorang seminaris, Yesus adalah sahabat dan pendengar yang setia. Saat ditinggal ayahnya pulang ke rumah Bapa, dia merasa kehilangan. Dia mengatakan, “Sungguh pengalaman itu membuat saya kehilangan untuk kedua kalinya (dua tahun sebelumnya ibunya meninggal dunia-red). Tak membayangkan waktu begiu cepat. hingga Allah lebih sayang pada kedua orang tua saya. Kasih Allah sungguh terlihat nyata manakala saya merasa sangat terpuruk dan di bawah. Sosok figur Tuhan Yesuslah yang bisa saya jadikan sebagai sosok sahabat. Kala itu saya berdoa. Dalam doa itu saya merucapkan rasa sedih saya dan berbagi perasaan terhadap-Nya. Mulai saat itu, saya merasa didengarkan. Maka, saya bisa menyimpulkan bahwa sosok pendengar yang baik dan setia adalah Yesus, bagaikan sahabat yang selalu berjalan berdampingan dan saling  menopang”.

Pertanyan refleksinya, siapakah Yesus menurut pengalamanmu yang konkret? Bagaimana usaha Anda untuk semakin dekat dengan Yesus dan bangga menjadi pengikut-Nya?

0 Response to "RENUNGAN ROHANI KATOLIK (KAMIS, 17 FEBRUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel