RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 9 FEBRUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 9 FEBRUARI 2022

PEKAN BIASA V (HIJAU)

St. Paulinus Aquileia

BACAAN I: 1Raj. 10:1-10

MAZMUR: 37:5-6.30-31.39-40;

BACAAN INJIL: Injil Markus 7:14-23

Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan berkata kepada mereka: "Kamu semua, dengarlah kepada-Ku dan camkanlah. Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya." (Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!) Sesudah Ia masuk ke sebuah rumah untuk menyingkir dari orang banyak, murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya tentang arti perumpamaan itu. Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal. Kata-Nya lagi: "Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang."

RENUNGAN:

Di sebuah komunitas, ada seorang pastor yang sering kali didatangi tamu dari banyak tempat bahkan dari luar kota. Mereka datang meminta nasihat atau bimbingan rohani. Ironisnya, hampir tidak ada anggota komunitas atau tetangga terdekat yang datang untuk meminta bimbingan dari pastor itu. Pengalaman ini mengingatkan kita akan pesona Salomo yang memotivasi ratu negeri Syeba untuk melihat hikmatnya. Ratu itu datang dan jauh untuk menimba kebijaksanaan Salomo. Namun, tidak diceritakan apakah orang-orang yang dekat dengan Salomo juga ikut berguru dan kebijaksanaannya.

Sering kali, orang luar komunitas yang justru mendapat keuntungan dari berbagai kualitas, talenta, hikmat, dan ilmu yang dimiliki oleh seseorang yang ada di dalam suatu komunitas tertentu, dibandingkan dengan orang-orang terdekatnya. Orang bijaksana mestinya mampu menggunakan telinganya untuk mendengarkan, termasuk mereka yang ada di sekitar kita, termasuk orang yang serumah dengan kita, termasuk orang tua atau saudara-saudari kita dalam keluarga; ayah atau ibu, suami atau istri, bahkan anak-anak. Marilah kita meluangkan waktu untuk mengagumi, menikmati, dan menimba inspirasi dari salah seorang atau banyak anggota keluarga kita yang barangkali selama ini telah menginspirasi bahkan mengubah banyak orang menjadi lebih baik di luar sana, namun kita sendiri abai mengagumi dan mensyukurinya.

Tuhan, buatlah kami peka terhadap berbagai karunia dan kebijaksaan yang Engkau hadirkan di sekitar kami sehingga kami mampu mensyukurinya. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 9 FEBRUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel