RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 3 JANUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 3 JANUARI 2022

Hari Biasa Sesudah Epifani (PUTIH) 

St. Anterus, St. Fulgensius

BACAAN I: 1Yoh. 3:22.4:6

MAZMUR : 2:7-8.10-11;

BACAAN INJIL: Matius 4:12-17.23-25

Ketika mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Yesus ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain,  — bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang." Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!" Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.

Renungan:

Banyak tawaran, iklan, dan pilihan datang pada kita. Kita boleh pilih apa saja untuk kebutuhan kita dalam kehidupan ini asalkan sesuai selera dan kemampuan serta sungguh berguna. Akan tetapi, untuk kehidupan spiritual, Roh Allah adalah pilihan utama. Inilah pesan bacaan pertama hari ini (1Yoh. 3:22-4:6). Tanda dasar bahwa Roh Allah ada pada kita adalah pengakuan akan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Roh Allah membantu kita untuk (1) percaya kepada Yesus Kristus, yang sungguh Allah dan sungguh manusia; (2) mengabulkan semua doa dan permohonan kita; (3) bersatu dengan Allah: kita tinggal dalam Allah, dan Allah dalam kita.  Percaya kepada Allah berarti mematuhi perintah-Nya dari berpaling dan semua kekuatan lain, terutama nabi palsu dan roh antikristus, yang menipu kita dan dianggap bisa menyelamatkan. Itulah pertobatan yang menjadi warta pokok Yesus dalam Injil hari ini (Mat. 4:12-17.23-25): “Bertobatlah sebab Kerajaan Surga sudah dekat!” Bertobat berarti berhenti, mengubah, dan berbalik dari cara berpikir, cara merasa, dan cara menginginkan yang salah, buruk, dan jelek. Hal itu berkaitan dengan kuasa, seksualitas, harta, popularitas, dan jejak sejarah. Kelima hal ini sering merusak hubungan dengan diri sendiri, sesama, alam, sejarah, dan Tuhan.

Ya Allah Roh Kudus, datanglah serta curahilah badan, jiwa, dan roh kami agar kami kuat melawan dosa, nabi palsu, dan roh antikristus. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 3 JANUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel