RENUNGAN ROHANI KATOLIK (MINGGU, 2 JANUARI 2022)



RENUNGAN ROHANI KATOLIK

MINGGU, 2 JANUARI 2022


MINGGU EPIFANI- PENAMPAKAN TUHAN (PUTIH)

HARI ANAK MISIONER SEDUNIA

BACAAN I: Yes. 60:1-6

MAZMUR : 72:1-2.7-8.10-11.12-13;

BACAAN II: Ef. 3:2-3a.5-6

BACAAN INJIL: Matius 2:1-12

DOA PAGI:

Ya Allah, pada hari ini dengan bimbingan bintang Engkau telah mewahyukan Putra Tunggal-Mu kepada bangsa-bangsa. Kami mohon, semoga kami yang telah mengenal Engkau dalam iman kelak Engkau perkenankan memandang wajah-Mu dalam kemuliaan. Dengan Pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami. Amin

RENUNGAN:

Bacaan Hari Raya penampakan Tuhan diambil dari Injil Matius tentang Orang Majus dari Timur yang mencari Mesias dan menemukan Yesus yang baru dilahirkan di Bethlehem. Bacaan Injil ini sangat menakjubkan. Ada beberapa poin yang bagus untuk kita renungkan. Orang Majus itu sungguh-sungguh mencari Tuhan, Mesias. Berdasarkan pengetahuannya mereka meyakini bahwa Mesias itu akan lahir untuk perubahan dunia menjadi lebih baik. Secara tersirat kita bisa menyimpulkan bahwa pengetahuan kita mestinya juga bisa membawa kita untuk menemukan Tuhan. Tentu saja itu dapat dilakukan jika kita sungguh-sungguh menggunakannya untuk mencari kehendak Allah.

Iman mereka begitu kuat bahwa mereka akan bertemu dengan Sang Mesias yang baru dilahirkan. Hal ini terbukti dengan barang bawaan yang mereka siapkan. Kalau tidak yakin akan bertemu, mereka tidak akan repot menyiapkannya. Mereka juga tidak malu untuk bertanya. Mereka bertanya kepada orang yang berpengaruh, Herodes. Harapannya dari orang-orang berpengaruh itu mereka mendapat informasi yang akan mempermudah pencarian mereka. Mereka menggunakan akal budinya untuk menemukan Sang Mesias. Mereka berhasil. Akal budi dan bimbingan Tuhan menuntun mereka kepada Sang Mesias yang mereka cari. Berpikir dan bertanya mewakili akal budi. Sementara bintang yang mendahului mereka merupakan wakil dari bimbingan Tuhan. Kita juga perlu memadukan kedua kekuatan yang ada untuk menemukan kehendak Tuhan atas hidup kita. 

Keterbukaan Orang-Orang Majus ini luar biasa. Mereka menyadari bahwa Allah bisa menampakkan diri dalam rupa yang sangat sederhana sehingga mereka harus selalu siap untuk menerima segala kemungkinan yang Tuhan tawarkan kepada mereka. Mereka tidak terkejut dan menolak perwahyuan Tuhan dalam bentuk yang sangat biasa dan sederhana. Mesias, Raja orang Yahudi itu ternyata menampakkan diri dalam rupa seorang bayi dengan Ibu dan bapak-Nya di gua. Mereka percaya, tidak menolak dan mempertanyakannya. Sebuah teladan kerendahan hati yang luar biasa.

Tuhan bisa menyatakan diri melalui sesuatu yang di luar perkiraan kita. Tuhan menampakkan din dalam kenyataan yang sangat sederhana. Orang yang sederhana, rendah hati dan terbuka yang dapat menerima penampakan Tuhan ini. Peristiwa ini mengajak kita untuk menyadari bahwa Tuhan hadir dan menampakkan din dalam peristiwa-peristiwa sederhana yang sering kali terlewatkan dan perhatian kita. Mari kita membuka din untuk menerima segala kemungkinan yang dipilih Tuhan untuk menyatakan diri-Nya kepada kita.

0 Response to "RENUNGAN ROHANI KATOLIK (MINGGU, 2 JANUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel