RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 25 JANUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 25 JANUARI 2022

Pekan Biasa III

Pesta Pertobatan St. Paulus, Rasul (P)

BACAAN I: Kis. 9:1-22/ Kis.22:3-16

MAZMUR: 117:1.2

BACAAN INJIL: Markus 16:15-18

Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

RENUNGAN:

Perjalanan hidup manusia banyak likunya. Ada yang berubah secara ekstrem dari kebiasaan hidup sebelumnya. Perubahan selalu mungkin, karena manusia makhluk yang dinamis. Hari ini, kita merayakan pertobatan Santo Paulus. Paulus yang lahir di Tarsus adalah seorang terpelajar. Akan tetapi, la adalah penganiaya pengikut Kristus. Sampai satu hari dalam perjalanan ke Damsyik, ia melihat cahaya dan Yesus memperkenalkan diri kepadanya. la menjadi buta. Disembuhkan oleh Tuhan lewat tangan Ananias (Kis. 22:3-16). Selanjutnya, ia diterima dalam komunitas para rasul. Kemudian dikenal sebagai rasul para bangsa.

Tuhan memanggil setiap orang untuk menjadi murid-Nya dengan cara tertentu dan dengan tujuan tertentu. Juga itulah yang dialami Paulus. Ia dipanggil untuk mewartakan Injil ke tengah bangsa yang bukan Yahudi. Ini adalah amanat Yesus Kristus sendiri, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk,” (Mrk. 16:15). Tidak ada pewartaan tanpa pertobatan, dan tidak ada pertobatan tanpa pewartaan. Di antara keduanya ada terang Allah. Paulus dibutakan supaya dibebaskan dari apa yang dianggapnya terang dan cahaya kebenaran, dan diinstal secara baru oleh terang dan cahaya ilahi yang sesungguhnya. Dengan itu, la melihat lagi, dengan cara baru, dan membarui diri dan dunia dengan Injil Allah.

Ya Allah, bantulah kami untuk bertobat seperti Paulus, membutakan mata kami terhadap kejahatan dan membuka hati terhadap Injil terang para bangsa. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 25 JANUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel