RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 21 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 21 DESEMBER 2021

Pekan Adven IV (UNGU) 

Novena Natal hari ke 6

BACAAN I: Zef. 3:14-18a

MAZMUR: 33:2-3.11-12.20-21;

BACAAN INJIL: Lukas 1:39-45

Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

RENUNGAN

Sesudah menerima pewartaan kabar gembira dan Malaikat Gabriel, Maria membawa bayi Yesus dalam kandungannya. Bayi itu adalah Allah Putra yang menjadi manusia dalam rahim Maria. Maka, kehadiran Maria merupakan selubung manusiawi dan kehadiran Tuhan Allah yang ada di tengah-tengah manusia (bdk.Zef. 3:17-18). Tuhan Allah tidak lagi hadir dalam kemegahan dan kemuliaan-Nya, tetapi ada dalam kehadiran Maria yang sederhana dan kasat mata. Kemurnian bayi Yohanes Pembaptis dalam rahim Elisabet mampu menangkap kehadiran Tuhan Allah itu hingga bersorak gembira dan melonjak kegirangan (bdk. Zef. 3:17; Luk. 1:41). Karena kehadiran Tuhan Allah dalam rahim Maria itu juga, Elisabet dipenuhi dengan Roh Kudus dan memuji Maria: “Diberkatilah engkau di antara semua wanita, dan diberkatilah buah rahimmu.”

Kehadiran kita pun senantiasa mendatangkan sukacita bagi sesama bila kita mau membawa Tuhan ke mana-mana. Seperti Maria yang menghadirkan sukacita besar bagi keluarga Elisabet, karena ia membawa sang Imanuel dalam rahimnya. Tuhan rela mendatangi kita bukan dalam kemegahan dan kemuliaan, melainkan dalam rupa Bayi mungil yang akan lahir di kandang domba di Betlehem. Maka, marilah kita meresapkan hidup kita dengan semangat Injil sehingga kita mampu menghadirkan sukacita bagi siapa saja yang kita jumpai dalam hidup kita sehari-hari.

Allah, bukalah mata hati kami agar mampu merayakan kehadiran Putra-Mu. Kobarkanlah sukacita dalam diri kami karena kehadiran-Mu yang sederhana di tengah-tengah kami. Datanglah, ya Imanuel! Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 21 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel