RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 22 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 22 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN IV (Ungu)

St. Teodorus – Novena Natal ke 7

BACAAN I: 1Sam. 1:24-28

MAZMUR: 1Sam. 2:1.4-5.6-7.8abcd;

BACAAN INJIL: Injil Lukas 1:46-56

DOA PAGI:

Allah yang Mahakudus, kekuatan cinta seorang ibu mampu memilih yang terbagik bagi anaknya. Sertailah para ibu agar tabah dan setia berserah diri untuk menimba kekuatan hanya pada-Mu. Semoga aku mampu meneladan sikap taqwa Hana yang bersandar pada kemurahan hati-Mu. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami. Amin

Injil Lukas 1:46-56

Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya." Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.

RENUNGAN:

Ketika Hana yang mandul itu berdoa kepada Tuhan, doanya dikabulkan yaitu dengan kelahiran Samuel. Allah mengatasi hambatan manusiawinya. Karena itu, Hana bersujud menyembah dan memuji Tuhan. Karena kuasa Roh Kudus, Maria mengandung Sang Sabda. Maria dipilih menjadi ibu Tuhan. Karena perbuatan-perbuatan besar inilah, Maria melambungkan kidung pujian kepada Allah. Peristiwa penjelmaan Putra Allah menjadi manusia juga merupakan karya besar Allah untuk mengatasi hambatan manusiawi yaitu ketidakmampuan manusia untuk menang atas dosa. Dengan berdosa, manusia menjadi budak dosa dan tidak mampu membebaskan diri dari cengkeraman dosa.

Yesus membebaskan manusia dari penjara dosa itu sehingga kita bisa menikmati kebebasan sebagai anak-anak Allah. Pada persiapan jangka pendek menyambut perayaan kelahiran Yesus ini, mari kita menyadari dan kemudian mensyukuri perbuatan-perbuatan besar yang sudah dilakukan Tuhan bagi kita, terutama dalam kelahiran Yesus. Semakin mendalam kesadaran itu, semakin besarlah pujian syukur kita. Janganlah kegembiraan kita hanya didasarkan pada pesta lahiriah dengan makan dan hadiah Natal. Akan tetapi, kita merayakan kelahiran Kristus dengan bertobat dan berbagi sukacita dengan mereka yang mengalami kesedihan dan terpinggirkan.

Ya Allah, semoga kami menghayati dengan penuh syukur rahmat penebusan yang Kaunyatakan dalam kelahiran Putra-Mu. Terimalah syukur kami! Amin.



0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 22 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel