RENUNGAN PAGI (SABTU, 27 NOVEMBER 2021)



RENUNGAN PAGI

SABTU, 27 NOVEMBER 2021

PEKAN BIASA XXXIV (Hijau)

SP. Maria Tak Bernoda dr Medali Wasiat

BACAAN I: Dan. 7:15-27

MAZMUR: Dan. 3:82-87;

BACAAN INJIL: Lukas 21:34-36

DOA PAGI:

Selamat pagi Bapa, aku bersyukur atas anugerah di hari baru sekaligus terakhir dalam minggu ini. Berkatilah hari ini, agar aku dapat menjalani hari ini dengan gembira, bersukacita dengan semua orang yang ada di sekitarku. Semoga aku dapat menyenangkan hati-Mu dalam segala tindakanku. Demi Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin

RENUNGAN:

Pandemi masih terus berlangsung. Sejak awal pandemi, semua diminta menjaga kesehatan tubuh dan melakukan protokol kesehatan, juga meningkatkan imun di dalam tubuh dengan olahraga, berjemur di sinar matahari, dan makanan yang bergizi. Itu satu tahun lalu. Ada fase setiap orang melaksanakan semua anjuran tersebut dengan benar, baik, dan ketat. Pandemi yang berkepanjangan membuat orang lelah mental, lelah jiwa, dan lelah fisik. Kerap kali orang mengabaikan anjuran yang baik. Orang melanggar protokol kesehatan dengan bepergian ke tempat ramai dan tidak disiplin. Muncullah klaster-klaster baru.

Yesus mengingatkan para murid dan orang yang mengikuti-Nya. la berkata, “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi”. Kita harus berani jujur bahwa kita kerap teledor menjaga diri, menjaga kesehatan, melindungi orang lain, dan akhirnya tak dapat menahan diri terhadap segala keinginan.

Kita kerap keliru membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Makan minum berlebihan dan mabuk. Berlebihan kepentingan duniawi bukanlah yang dibutuhkan dalam hidup. Semua adalah keinginan yang tak pernah bertahan lama. “Jagalah dirimu...” pesan Yesus agar kita sungguh mengenal jati diri yang sejati, kekuatan, dan kelemahan. Kita mengenali pula segala keinginan dan kebutuhan rohani dan jasmani, psikis, dan intelektual. Kita belajar mengenali segala kecenderungan arah hidup kita.

“Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa,” itulah pesan sekaligus ajakan Yesus. Apa yang kita lakukan di saat pandemi yang berkepanjangan ini? Tentu saja taat setia melakukan protokol kesehatan, jangan mudah tergoda untuk melakukan perbuatan yang nakal dan jahat, dan juga lebih tekun lagi berdoa. Berdoa yang tidak ada putus-putusnya. Berdoa untuk kesehatan orang-orang yang dicintai. Berdoa juga untuk dijauhkan dari keinginan jahat dan nakal. Maukah berjaga-jaga senantiasa sambil berdoa? Karena hari Tuhan bisa datang tiba-tiba untuk kita di masa pandemi. [Rm. Albertus Medyanto, o.Carm]


0 Response to "RENUNGAN PAGI (SABTU, 27 NOVEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel