RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 27 NOVEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 27 NOVEMBER 2021

PEKAN BIASA XXXIV (Hijau)

SP. Maria Tak Bernoda dr Medali Wasiat

BACAAN I: Dan. 7:15-27

MAZMUR: Dan. 3:82-87;

BACAAN INJIL: Lukas 21:34-36

"Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

RENUNGAN:

Pengharapan selalu ada bagi mereka yang percaya kepada Allah. Pengharapan tidak berdiri sendiri, tetapi selalu berkelindan dengan iman. lmanlah dasar harapan-harapan kita. ltulah keyakinan dalam diri Daniel sehingga ia selalu proaktif untuk memahami makna atas mimpinya. Kita dapat belajar dari kitab Daniel, bahwa orang-orang kudus akan mengalami berbagai tantangan dan bahkan aniaya dalam pergumulan imannya. Orang kudus berarti orang baik dan berbudi pekerti luhur, membaktikan diri seutuhnya kepada Tuhan. la mengandalkan diri pada penyelenggaraan Ilahi.

Dalam Injil pada hari ini, kita diingatkan supaya dapat berjaga-jaga. Pertama, kita harus berjaga-jaga dengan cara saling menjaga hati melalui perkataan dan perbuatan. Sebab, segala perkataan dan perbuatan kita keluar dari hati kita. Dengan kata lain, jika kita mau berjaga-jaga, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga hati kita agar tetap bersih, kudus, dan memiliki motivasi yang benar di hadapan Tuhan. Maka, “Jangan sampai hatimu sarat dengan pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi” (Luk. 21:34). Tentu tidak salah jika kita menghadiri pesta, tetapi akan salah jika kita sibuk dengan segala macam acara seperti pesta hingga kita melupakan Tuhan. Kita harus berjaga-jaga agar kita tetap memiliki iman yang hidup, sehingga kita dapat mengalami kedatangan Tuhan dalam setiap peristiwa kehidupan kita.

Ya Allah, buatlah kami agar selalu mampu berjaga-jaga dan hidup dalam pengharapan. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 27 NOVEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel