RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 NOVEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 23 NOVEMBER 2021

Pekan Biasa XXXIV (Hijau)

Sta. Klemens I, PausMrt; Kolumbanus

BACAAN I: Dan. 2:31-45

MAZMUR: Dan. 3:57-61;

BACAAN INJIL: Lukas 21:5-11

Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah dan dengan berbagai-bagai barang persembahan, berkatalah Yesus: "Apa yang kamu lihat di situ  —  akan datang harinya di mana tidak ada satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan." Dan murid-murid bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru, bilamanakah itu akan terjadi? Dan apakah tandanya, kalau itu akan terjadi?" Jawab-Nya: "Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikuti mereka. Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera." Ia berkata kepada mereka: "Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.

RENUNGAN

Seorang raja sekaligus penguasa adidaya bernama Nebukadnezer bermimpi tentang sebuah kerajaan. Dikisahkan bahwa Allah akan mendirikan suatu kerajaan yang tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan kekuasaan tidak akan beralih kepada bangsa lain. Kerajaan itu akan meremukkan segala kerajaan dan menghabisinya, tetapi kerajaan itu sendiri akan tetap untuk selama-lamanya. Kemudian, Daniel memberi penjelasan dan makna dari mimpi tersebut sebab ia memiliki hikmat. Pesan yang disampaikan Daniel kepada Nebukadnezar sangat jelas. Sekuat dan sehebat apa pun sebuah kerajaan pada akhirnya akan runtuh juga. Namun, ada satu kerajaan yang tidak akan runtuh, yaitu Kerajaan Allah. Sebab itu, Daniel berkata: “Allah yang mahabesar telah memberitahukan kepada tuanku raja apa yang akan terjadi di kemudian hari; mimpi itu adalah benar dan maknanya dapat dipercayai” (Dan. 2:45). Daniel menyampaikan pesan tersebut kepada Nebukadnezar supaya ia menyandarkan hidupnya kepada Kerajaan Allah.

Ketika beberapa orang berbicara tentang Bait Allah dan mengagumi bangunan itu yang dihiasi dengan batu yang indah-indah maka berkatalah Yesus: “Apa yang kamu lihat di situ akan datang harinya di mana tidak ada satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan maka waspadalah supaya kamu jangan disesatkan.” Oleh karena itu, sikap paling baik adalah memasrahkan hidup kita setiap saat kepada tuntunan Tuhan. Kapan hal itu terjadi bukanlah suatu masalah. Sebab, hidup kita ini penuh misteri. Tugas kita adalah menjalaninya dengan penuh tanggung jawab dan tetap berkeyakinan bahwa kesusahan hari ini biarlah untuk hari ini. Percayalah sekalipun semua jalan telah tertutup, Tuhan pasti buka jalan!

Ya Allah, ke dalam tangan-Mu, kami serahkan seluruh hidup kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 NOVEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel