RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 NOVEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 26 NOVEMBER 2021

PEKAN BIASA XXXIV (Hijau)

St. Yohanes Berchmans

BACAAN I: Dan. 7:2-14

MAZMUR: Dan. 3:75-81;

BACAAN INJIL: Lukas 21:29-33

Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja. Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."

RENUNGAN:

Kekuasaan yang tak terkontrol akan mengakibatkan manusia jatuh kepada kesombong dan akhirnya akan menghancurkan dirinya sendiri. Bagaimanapun hebatnya tenaga manusia pasti ada batasnya; bagimanapun tinggi pangkatnya, suatu waktu akan datang masa berhenti, bisa karena mati atau karena kekuasaan itu direbut oleh orang lain atau karena sudah uzur. Mimpi Daniel memberikan peringatan agar kita tidak hidup seperti empat binatang yang mengandalkan kekuatan dan kehebatannya sebagaimana digambarkan dalam mimpinya. Peringatan ini sekaligus menyadarkan kita bahwa segala kekuasaan hanyalah milik Tuhan. Sedangkan, kita hanya diberi untuk mempergunakan sewajarnya dengan bertanggung jawab sebagaimana yang dikehendaki Allah. Dengan memiliki rasa takut kepada Allah, maka orang-orang yang diberi kesempatan untuk berkuasa akan menjalankannya dengan baik dan selalu bersandar pada-Nya.

Bacaan Injil hari ini menginspirasi kita tentang sebuah peringatan yang disampaikan Yesus sendiri melalui perumpamaan pohon ara. Yesus menghendaki agar setiap orang dengan berbagai pergumulan hidupnya, janganlah tenggelam dalam ketakutan seperti orang yang tak berpengharapan. Oleh karena itu, Yesus sendiri berkata: “Langit dan bumi akan berlalu tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.” Dengan kata lain, apa yang kita lihat pada suatu saat semuanya akan lenyap, namun Sabda Tuhan tetap akan hidup. Maka, marilah kita fokus bahwa apa yang kita miliki dunia ini dan termasuk kekuasaan hanyalah sebagai sarana saja, bukan menjadi tujuan hidup. Sebab, tujuan hidup manusia pada akhirnya harus kembali kepada Sang Pencipta.

Ya Allah, Firman-Mu menuntun langkah kami sehingga kami dapat mengambil keputusan sesuai dengan kehendak-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 26 NOVEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel