RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 19 OKTOBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 19 OKTOBER 2021

Pekan Biasa XXVIX (Hijau)

St. Paulus dr Salib; St. Petrus dr Alkantara

BACAAN I: Rm. 5:12.15b.17-19.20b-21

MAZMUR: 40:7-10.17;

BACAAN INJIL: Lukas 12:35-38

"Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya. Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.

RENUNGAN

Waspadalah senantiasa. Tema bacaan-bacaan pada hari ini adalah kewaspadaan. “Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap bernyala sehingga ketika tuannya datang kita bisa masuk dalam pesta perjamuan.” Hidup manusia dibatasi oleh waktu kendati ada kerinduan untuk hidup lebih lama. Kita tidak pernah tahu kapan ajal kita datang menjemput. Setiap kali kita datang ke rumah duka, barangkali terbersit di hati kecil kita: “Hari ini dia yang dipanggil Tuhan, esok hari mungkin saya.”

Suara yang terbersit dalam hati itu kendati lirih dan barangkali kita tidak menggubrisnya mengingatkan kita untuk selalu siap sedia menyambut hari kematian kita. Kesiapsediaan itu ditunjukkan dalam hidup yang selalu berusaha mengupayakan kebaikan atau perobatan. Dengan kata lain, kita senantiasa hidup dengan perspektif kematian! Bukan berarti kita ingin mati, melainkan kita ingin menggunakan hidup kita yang terbatas ini semaksimal mungkin untuk kemuliaan Tuhan dan kebahagiaan sesama dan pada gilirannya untuk keselamatan kita juga. Hal ini tidak ada jalan lain selain dengan setiap hari kita melakukan pertobatan yang terus menerus.

Allah Yang Mahabaik, Engkau selalu membuka pintu maaf dan pengampunan bagi kami. Semoga kami mampu melakukan yang terbaik selama peziarahan kami di dunia yang fana ini. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 19 OKTOBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel