RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 12 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 12 JULI 2021

PEKAN BIASA XV (Hijau)

St. Yohanes Gualbertus; St Nabor

BACAAN I: Kel. 1:8-14.22

MAZMUR : 124:1-3.4-6.7-8;

BACAAN INJIL: Matius 10:34-11:1

"Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh orang ialah orang-orang seisi rumahnya. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku. Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."

RENUNGAN:

Dalam pengajaran-Nya kepada para murid, Yesus menyadarkan makna perutusan mereka. Bagi orang yang hendak mengikuti Kristus, dituntut kesediaan total untuk menghadapi berbagai tantangan. Perutusan itu penuh dengan risiko yang tidak ringan. Ada tuntutan yang besar dan radikal: keluarga dan orang-orang dekat harus rela kita tinggalkan, bahkan bila perlu nyawa kita sendiri menjadi taruhan. 

Mengikuti Yesus adalah mengikuti jalan salib. Sepanjang jalan itu ada banyak tikungan tajam, duri-duri dan krikil-krikil tajam yang selalu siap menembus kaki kita. Ada banyak cemoohan. Air mata seperti menganak sungai mengalir dan pelupuk mata. Akan ada orang yang mengolok-olok dan mencibir-cibir; mereka menatap dengan penuh sinis dan memandang rendah penuh hina apa yang kita wartakan.

Demikianlah kita menjadi murid Kristus. Kita diminta dengan tulus dan sukacita memanggul salib di sepanjang lorong kehidupan ini. Kita bersama-sama saudara seiman untuk dengan mantap dan tanpa henti bersama Yesus mewartakan dan memberikan kesaksian tentang hidup sebagai murid Yesus. Di ujung jalan salib itu, terbitlah fajar terang bagi kita; Tuhan menghadiahkan kita sukacita abadi.

Ya Tuhan, Salib-Mu adalah tanda kemenangan. Namun, kami sering takut menghadapi salib kehidupan ini. Ampunilah kami, ya Tuhan dan kuatkanlah kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 12 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel