RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 13 JULI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 13 JULI 2021

PEKAN BIASA XV (HIJAU)

St. Hendrich II; St. Eugenius

BACAAN I: Kel. 2:1-15a

MAZMUR: 69:3.14.30-31.33-34;

BACAAN INJIL: Matius 11:20-24

Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

RENUNGAN:

Yesus mewartakan kasih dalam banyak bentuk. Salah satunya adalah dengan melakukan banyak mukjizat. Meskipun demikian, masih banyak juga yang belum percaya kepada-Nya. Sehingga, dalam Injil hari ini, kita mendengar kecaman keras dari Yesus terhadap kota-kota yang tidak bertobat. “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! ...”

Yesus menyadarkan kita bahwa kita harus membuka diri untuk menangkap tanda-tanda kehadiran Allah. Kita diminta untuk membiarkan Allah meraja atas kita, bukan menjadi budak-budak harta dan kuasa. Sebab, sesungguhnya Allah tidak pernah meninggalkan kita. Ia selalu hadir dalam tawa dan tangis kita. la hadir di kala kita gembira ria dan di kala kita menimang luka. Tak pernah Ia meninggalkan kita. Kitalah yang meninggalkan Dia; meminggirkan Dia dari pusat kehidupan kita; lalu membiarkan ego, nafsu, dan ambisi pribadi sebagai pusat kehidupan kita

Demi ego, nasfu dan ambisi itu kita lupa membangun relasi yang intim dengan Allah lewat doa atau sembah bakti; kita menjadi masa bodoh dengan tetangga yang sakit dan lapar; kita tidak peduli dengan mereka yang tertindas; kita tertawa di atas hati sahabat yang terluka. Mari kita, dalam kerapuhan dan kelemahan kita, mengambil bagian dalam karya agung Allah melalui ucapan dan tindakan kita sehari-hari.

Ya Tuhan, ampunilah dosa-dosa kami. Janganlah Engkau mencelakakan atau menghukum kami karena dosa-dosa kami. Bebaskanlah kami sehingga kami dapat kembali memuji dan memuliakan nama-Mu lewat kata dan tindakan kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 13 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel