RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 7 JULI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 7 JULI 2021

PEKAN BIASA XIV (HIJAU)

St. Odo, Abas; B. Maria Romero

BACAAN I: Kej. 41:55-57; 42:5-7a.17-24a

MAZMUR: 33:2-3.10-11.18-19;

BACAAN INJIL: Injil Matius 10:1-7

Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

RENUNGAN:

Panggilan menjadi murid Yesus bukanlah panggilan bergerombolan, melainkan panggilan yang personal. Hari ini kita mendengar dalam Injil, Yesus memanggil murid-murid-Nya satu per satu. Ia menyebut nama mereka masing-masing; sebuah ciri personal dan panggilan itu. Yesus mengenal murid-murid-Nya selain sebagai satu persekutuan tetapi terutama mengenal mereka pribadi per pribadi: sebagai Petrus, sebagai Yohanes, dll.

Konsekuensi dan panggilan yang personal itu adalah setiap orang punya hak dan kewajiban untuk melanjutkan perutusan Yesus. Pada awalnya, perutusan itu terbatas dalam lingkup bangsa sendiri. Tetapi lambat laun para murid menyadari bahwa kebaikan seperti itu harus dapat dirasakan oleh banyak orang lain. Kegembiraan karena Allah hadir dalam kehidupan bersama berlaku juga bagi bangsa-bangsa lain. Seperti halnya Yusuf— dalam Perjanjian Lama —terbuka bagi kepentingan sesama.

Kita pun dipanggil secara pribadi oleh Yesus. la menyebut nama kita satu per satu. la menghafal kita jauh melampaui kita mengenal diri sendiri. Maka, kita pun la utus untuk mewartakan kasih-Nya kepada seluruh dunia mulai dari lingkungan keluarga kita masing-masing. Kita diutus untuk membangun kehidupan bersama dalam kasih. Bila orang sungguh mengasihi, maka kegembiraan juga akan tumbuh dalam kehidupan baik pribadi maupun kehidupan bersama.

Ya Tuhan, bantulah kami supaya dapat menjalankan perutusan-Mu dalam menebarkan kasih dan kebaikan kepada setiap orang yang kami jumpai dalam hidup sehari-hari. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 7 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel