CARA HIDUP NABI ELIA



5 CARA HIDUP 

NABI ELIA


MELAKSANAKAN KEHENDAK TUHAN SECARA NYATA

Elia berusaha melawan egonya. Ia tidak punya kepentingan untuk hidup menurut ‘daging’ seperti kata Santo Paulus (Rm. 8:13). Ia berusaha melaksanakan segala perintah Tuhan secara nyata.


MEMILIH UNTUK HIDUP MURNI TANPA CELA

Sebagai orang pertama, Elia memilih untuk hidup wadat dan murni tanpa cela demi Allah. Ia melepaskan dirinya agar dapat melaksanakan kehendak Allah dengan teliti, sehingga ia dapat menyerupai para malaikat.


MENJALANKAN HIDUP KERAHIBAN SEBAGAI PERTAPA

Seturut dengan keputusannya, Elia tinggal di lembah Sungai Kerit. “Kerit” sendiri berarti “terpisah”. Ia tinggal sendiri dalam kesunyian. Ia tinggal dalam kasih Allah yang akan menjauhkannya dari Sungai Yordan (kemerosotan dosa).


MENELADANI PARA NABI SUCI

Para nabi suci pendahulu digambarkan sebagai gagak yang membawa daging, yang mengingatkan Elia akan kerapuhan ‘daging’. Dengan mengenali kerapuhannya tersebut, Elia diperkuat untuk tetap rendah hati dan merenung dalam hati.


MINUM SARI SANG SUMBER

Sumber hikmat digambarkan seperti barang air yang mengalir (Ams. 18:4). Dengan begitu roh (Elia) dipuaskan dan dibawa kembali ke gunung-Nya yang kudus (Mzm. 43:3-4). Elia menjadi puas karena kelimpahan dari ‘sumber air’ tersebut.


0 Response to "CARA HIDUP NABI ELIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel