RENUNGAN PAGI (SABTU, 19 JUNI 2021)



RENUNGAN PAGI

SABTU, 19 JUNI 2021

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

St. Romualdus; St. Gervasius

BACAAN I: 2Kor. 12:1-10

MAZMUR: 34:8-9.10-11.12-13;

BACAAN INJIL: Matius 6:24-34

DOA PAGI:

Ya Bapa yang Maharahim dan Mahabaik, firman-Mu melalui Rasul Paulus dapat menyadarkan aku, supaya aku jangan takut dan cemas. Terimakasih ya Bapa, berkat firman-Mu aku dapat mengatasi rasa takut dan cemas untuk melampaui perjalanan hidupku. Maka hari ini kepada-Mulah aku berharap. Engkaulah yang berkuasa selama-lamanya. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Sebagian orang menganggap bahwa harta benda dunia ini adalah hal yang paling penting dalam kehidupan. Karenanya, terjadi pertengkaran saudara karena harta. Tidak bertegur sapa, bahkan mereka tega membunuh juga karena harta. Ada pula yang menggunakan segala cara untuk mengumpulkan harta. 

Orang menggunakan harta yang mempunyai nilai ekonomis itu untuk mencapai keinginan yang lain. Misalnya, kaum berduit bisa merebut kekuasaan secara lebih mudah dengan membeli suara pada pemilihan politik. Memang, ekonomi dan politik itu suami-istri. Mereka yang berkuasa secara ekonomi biasanya juga sangat menentukan dalam bidang politik, dan sebaliknya.

Sejarah dan pengalaman menunjukkan bahwa agama juga digunakan untuk memperoleh harta ekonomis dan politis tersebut. Maka jangan heran jika mengetahui ada kaum kaya dan berkuasa berkolaborasi dengan tokoh dan institusi agama demi mempertahankan hartanya itu. Mereka tidak segan menciptakan kerusuhan dan konflik untuk menyembunyikan “akal bulus” itu.

Namun semua harta itu akan lenyap bersamaan dengan akhir hidupnya. Pemiliknya tak lagi berkuasa atas hartanya. Hartanya pun tidak dapat berbuat apa-apa baginya. Berbeda dengan harta rohani yang dibawa sampai mati, bahkan Iebih bermanfaat setelah manusia wafat. 

Santo Paulus menunjukkan harta itu. Dia telah berjuang keras dalam hidupnya untuk memperoleh harta itu (1Kor 11:23-30). Caranya, setia menghayati hid up untuk mengabdi kepada Tuhan Yesus, Sang Kehidupan yang menganugerahkan hidup abadi dan bahagia.

Dia melakukan semua itu karena terdorong oleh ajaran Yesus yang kita baca dalam Injil hari ini (Mat 6:19-23). Di sana, Tuhan Yesus mengajar supaya orang mengumpulkan harta surgawi yang bernilai abadi. Jangan sibuk mengumpulkan harta dunia yang akan dimakan ngengat dan pada akhir hidup tak bermanfaat. Hanya dalam Tuhan, orang dapat menemukan harta sejati. [Rm, Albertus Herwanta, O.Carm]


"Allah mengasihi kita agar kita saling mengasihi"
(St. Agustinus)

0 Response to "RENUNGAN PAGI (SABTU, 19 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel