RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 7 JUNI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 7 JUNI 2021

PEKAN BIASA X (HIJAU)

Sta. Anna dr Bartolomeus

BACAAN I: Kis. 25:13-21

MAZMUR: 34:2-3.4-5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL. Matius 5:1-12

Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

RENUNGAN:

Yesus dalam khotbah di bukit menyampaikan pesan kepada para murid-Nya. Namun, isinya justru sangat berbeda bahkan bertolak belakang dengan nilai-nilai dunia ini. Kebahagiaan di dunia ini dinyatakan tercapai jika telah hidup dalam kemewahan akan harta benda serta kekuasaan, pangkat atau jabatan. Tetapi, kebahagiaan yang Yesus tawarkan adalah kebahagiaan sejati yang diperoleh dengan miskin di hadapan Allah, lemah lembut, murah hati, suci hati, cinta damai, dan berkorban demi kebenaran (bdk. Mat. 5:1-12). Inilah kebahagiaan menurut Yesus. Paulus dalam ucapan syukurnya mengatakan bahwa kebahagiaan sesungguhnya adalah kebahagian yang diperoleh dengan ikut ambil bagian dalam penderitaan dan kesengsaraan Kristus (bdk. 2Kor. 1:7). Dan pemazmur menegaskan demikian: “Kecaplah dan lihatlah, batapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya” (Mzm. 34:9). Dengan melakukan kehendak-Nya kita berada dalam naungan serta perlindungan-Nya dan di situlah kebahagiaan hidup kita temukan.

Sebagai orang kristiani, kita diajak bahkan dituntut untuk berani keluar dan zona nyaman, melawan arus dunia yang terkadang bertentangan dengan kebenaran iman. Bahwasanya, kebahagiaan bukan terutama lahir dan kenikmatan duniawi semata, melainkan lahir dan melakukan sesuatu yang benar, seperti bermurah hati, membawa damai sejahtera, menegakkan keadilan, dan mengamalkan kasih. Beranikah kita mengambil dan melaksanakan sikap ini dalam hidup kita?

Ya Tuhan, mampukan kami untuk melawan arus dunia ini agar kami dapat merasakan kebahagiaan yang sejati. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 7 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel