RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 JUNI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 14 JUNI 2021

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

Sta. Metodius; B. Gerardus; Elisa, Nabi

BACAAN I: 2Kor. 6:1-10

MAZMUR: 98:1.2-3ab.3cd-4;

BACAAN INJIL. Matius 5:38-42

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

RENUNGAN:

“Tetapi Aku berkata kepadamu: janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu berilah juga kepadanya pipi kirimu” (Mat. 5:39). Ajaran Yesus ini menekankan kesabaran kepada kita. Kesabaran yang seperti apa? Kesabaran yang mengandalkan kehendak Tuhan bukan kehendak diri sendiri. Sebagai pelayan Tuhan, Paulus pun menunjukkan kesabarannya dalam melayani sesama dengan mengingatkan kita melalui perkataannya: “Sebaliknya dalam segala hal kami menunjukkan bahwa kami adalah pelayan Allah yaitu: dalam menahan dengan penuh kesaharan dalam penderitaan, kesesakan, dan kesukaran dalam menanggung dera dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah dalam berjaga-jaga dan berpuasa” (2Kor. 6:4-5). Artinya, dalam segala pencobaan kita harus selalu mcngandalkan kehendak Tulian dan bersabar.

Kita pun sering mengandalkan kehendak kita sendiri sehingga kita tidak sabar tatkala diterpa derita. Kehendak Tuhan berbeda dengan kehendak kita. la ingin kita sabar dalam segala sesuatu seperti Paulus. lnilah yang harus kita hayati bahwa Allah ingin agar kita berbuat baik kepada sesama, saling mengampuni, dan sabar dalam segala sesuatu.

Ya Tuhan, bimbinglah kami dalam perjalanan hidup kami. Semoga kami selalu setia dengan apa yang Engkau kehendaki bagi kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel