RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 6 JUNI 2021)

RENUNGAN HARIAN


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 6 JUNI 2021

HARI RAYA TUBUH DAN DARAH KRISTUS (PUTIH)

BACAAN I: Kel. 24:3-4

MAZMUR: 116:12-13.15.16bc.17-18;

BACAAN II: Ibr. 9:11-15

BACAAN INJIL: Markus 14:12-16.22-26

Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid Yesus berkata kepada-Nya: "Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?" Lalu Ia menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: "Pergilah ke kota; di sana kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya: Pesan Guru: di manakah ruangan yang disediakan bagi-Ku untuk makan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku? Lalu orang itu akan menunjukkan kamu sebuah ruangan atas yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia. Di situlah kamu harus mempersiapkan perjamuan Paskah untuk kita!" Maka berangkatlah kedua murid itu dan setibanya di kota, didapati mereka semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah. Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Ambillah, inilah tubuh-Ku." Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka, dan mereka semuanya minum dari cawan itu. Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah." Sesudah mereka menyanyikan nyanyian pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.

RENUNGAN:

Pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus ini, biasanya di paroki-paroki, diadakan penerimaan Komuni Pertama. Para penerima Komuni Pertama itu terlebih dahulu dipersiapkan secara matang sehingga mereka memahami dan kemudian menghayati makna sakramen tersebut. Yesus juga bersama para murid-Nya sebelum mengadakan Perjamuan Paskah sungguh mempersiapkan diri.

Perayaan Roti Tak Beragi dan perayaan Paskah sangat bermakna bagi orang Yahudi. Hari Raya Roti Tidak Beragi adalah sebuah hari raya Yahudi yang dirayakan selama tujuh hari sehabis Paskah. Selama tujuh hari tersebut, orang Yahudi memanggang roti tanpa memakai ragi sebagai peringatan akan malam pembebasan dari perbudakan di Mesir (11h. Kel. 12: 14-20,bdk. Mat. 26:17). Paskah juga berarti menyembelih domba yang disebut domba Paskah. Yesus telah memberikan arti baru dari Paskah, yaitu “pembebasan sejati” dari dosa dan maut menuju pengampunan dan pemulihan abadi. Penebusan itu dilakukan dengan mengurbankan Diri-Nya: “Ambillah, inilah Tubuhku” dan “Inilah darah-Ku...” (bdk. Mrk. 14:22.24; Ibr. 9:12-1 5).

Tuhan, bantulah kami untuk senantiasa dapat mempersiapkan diri secara layak untuk menyambut Tubuh dan Darah-Mu dalam komuni kudus. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 6 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel