RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 JUNI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 17 JUNI 2021

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

St. Gregorius Barbarigo

BACAAN I: 2Kor. 11:1-11

MAZMUR: 111:1-2.3-4.7-8;

BACAAN INJIL: Matius 6:7-15

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

RENUNGAN

Orangtua tentu menyayangi dan mengetahui kebutuhan anak-anaknya. Apalagi Allah. Ia mengetahui dengan baik kebutuhan kita: “Bapa-Mu mengetahui apa yang kamu perlukan sebelum kamu meminta kepada-Nya” (Mat 6:8). Sebagai anak yang disayangi, ia harus menyadari kebutuhan yang sangat diperlukan. Supaya layak mendapatnya, ia juga harus berusaha dengan membantu orangtuanya. Dengan demikian, hubungan antara orangtua dan anak semakin akrab.

Yesus mengajarkan kita untuk meminta kebutuhan kita kepada Allah melalui “Doa Bapa Kami”. Doa ini mengajarkan kita untuk memohon kebutuhan-kebutuhan yang sangat kita perlukan dalam hidup agar kita terarah kepada Tuhan. Ada kalanya kita meminta hal yang sebenarnya tidak kita butuhkan kepada Tuhan. Maka, dari itu marilah kita mohon ampun kepada Tuhan dengan terlebih dahulu mengampuni orang yang bersalah pada kita. Rasul Paulus sangat khawatir jangan sampai jemaatnya disesatkan dengan ajaran palsu. Maka, la mengajarkan bahwa doa sangat diperlukan untuk menyadarkan kita akan ketergantungan kita pada Allah. Melalui doa, hubungan kita dengan Allah semakin akrab.

Ya Allah, Engkau mengajarkan kami doa yang baik, benar, dan indah. Semoga kami mampu mengamalkannya dalatm hidup sehari-hari di sini dan kini. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 17 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel