RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 18 JUNI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 18 JUNI 2021

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

St. Leontinus

BACAAN I: 2Kor. 11:18.21b-30

MAZMUR: 34:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL: Matius 6:19-23

"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

RENUNGAN:

Yesus menginginkan kita mengejar harta di surga. Hal yang kita perlukan adalah mata yang terang dan hanya mengabdi kepada Allah upaya hati kita berada di surga. Mata yang terang memampukan kita untuk membedakan antara jalan Kristus dengan jalan setan: “Jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu (Mat. 6:23). Dalam situasi tertentu, terkadang kita sangat konsumeristis, menimbun barang yang sebenarnya tidak kita perlukan, mungkin hanya karena gengsi. Hal itu bukanlah sikap yang baik. Dengan mata batin yang terang, kita seharusnya sadar bahwa masih banyak orang yang berkekurangan. Kita harus berani berbagi, bukan demi pujian, tetapi demi Kerajaan Allah. Ini merupakan persiapan yang baik untuk memperoleh Kerajaan Surga.

Rasul Paulus mengajarkan kita, bukan mengenai kekayaan, pangkat, prestasi yang dibanggakan, karena semua hal itu fana dan bisa musnah. Ia meminta kita untuk melaksanakan, keutamaan-keutamaan kristiani: mewartakan Injil, solidaritas dengan kaum miskin, melayani orang sakit, dan berkanjang dalam doa; itu yang harus kita banggakan karena perbuatan baik akan dicatat dalam buku kehidupan. Itulah kumpulan harta yang tidak bisa habis. Apakah kita sudah berbagi untuk kaum miskin?

Ya Allah, semoga dengan harta yang kami miliki memampukan kami untuk berbagi rezeki dengan kaum miskin, anak terlantar, dan saudara/i kami yang tertimpa bencana. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 18 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel