RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 24 MEI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 24 MEI 2021

SP Maria Bunda Gereja (PUTIH) 

Sta. Yohana; Maria della Strada

BACAAN I: Kej. 3:9-15.20/ Kis. 1:12-14

MAZMUR: 87:1-2.3.5.6-7;

BACAAN INJIL: Yohanes 19:25-34

DOA PAGI:

Bapa Pengasih, dalam kebaikan-Mu Engkau menciptakan manuisa dengan kasih abadi. Namun, betapa mudahnya aku menjatuhkan diri ke dalam dosa hanya untuk mengajar dan memuaskan keinginanku sendiri,tanpa merasa malu dan bersalah telah melanggar perintah-Mu. Tuhan kasihanilah aku, orang berdosa ini. Bunda Maria, doakanlah aku. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Gereja Katolik hari ini memperingati Santa Perawan Maria sebagai Bunda Gereja. Peringatan ini ditetapkan oleh Paus Fransiskus sejak tahun 2018 dan diperingati pada hari Senin setelah Minggu Pentakosta. Bapa Suci ingin meningkatkan devosi ini untuk mendorong pertumbuhan rasa keibuan Gereja dalam diri para imam, kaum religius, dan umat beriman, serta pertumbuhan rasa hormat yang sejati kepada Maria.

Bunda Maria tampil sempurna sebagai tokoh teladan yang tetap setia bersama Yesus sampai berdiri di bawah kayu salib. Maria mau menanggung segala kesulitan, pencobaan, dan penderitaan seberat apa pun bersama dengan Yesus. Semua dilakukan karena cintanya kepada Yesus. Maria memandang putranya dengan kesedihan yang mendalam bahkan Maria menemani Yesus dalam jalan salib sampai kematian-Nya di Golgota.

Yesus sendiri juga tahu bahwa la harus meninggalkan Maria, ibu-Nya. Maka Yesus berkata kepada ibu-Nya, “Ibu, inilah anakmu.” Yohanes pun menjadi anaknya, menggantikan Yesus. Yesus juga berkata kepada Yohanes, “lnilah ibumu.” Dan sejak saat itu, Yohanes menerima Maria di dalam rumahnya. Selanjutnya, Bunda Maria selalu ada bersama para rasul, berdoa memohon karunia Roh Kudus. Perayaan Maria Bunda Gereja membantu kita mengingat bahwa dengan cinta, segala pengalaman kehidupan kristiani harus berlabuh pada misteri Salib. Persembahan diri yang total dan konkret dari Kristus di salib kita nikmati dalam Perjamuan Ekaristi. Bunda Maria sebagai Bunda Sang Penebus dan Bunda Gereja menjadi yang pertama ditebus oleh persembahan dirinya kepada Allah.

Kita sungguh bersyukur atas peran Bunda Maria, Bunda Gereja, bunda kita semua. Dialah yang membuat kita turut mengalami keselamatan dan Yesus Tuhan kita. Semoga kita memiliki devosi kepada Maria Bunda Allah yang merupakan teladan kekuatan iman penuh cinta, di dalam pengalaman  penderitaan dan salib.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 24 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel