RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 16 MEI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 16 MEI 2021

PEKAN PASKAH VII (PUTIH)

HARI KOMUNIKASI SEDUNIA

BACAAN I: Kis. 1:15-17.20a.20c-26

MAZMUR: 103:1-2.11-12.19-20ab;

BACAAN II: 1Yoh. 4:11-16

BACAAN INJIL: Yohanes 17:11b-19

Dalam perjamuan malam terakhir, Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya, "Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran".

RENUNGAN:

Semangat gotong-royong yang sudah mulai hilang kembali menggeliat pada saat pandemi covid-19 melanda negeri kita sejak tahun lalu. Banyak orang bahu-membahu menghadapi dampak ekonomi, politik, sosial, kesehatan, dan psikologis yang menyertai keberadaan virus tersebut. Semangat toleransi kian berkembang dan semakin banyak dari kita menjadi sadar akan pentingnya komunikasi yang baik, bukan untuk mencari siapa yang salah melainkan untuk menjaga jarak demi keselamatan bersama tanpa memutuskan komunikasi kita dengan sesama. 

Yesus diutus ke tengah-tengah kita untuk menegakan kebenaran dan membebaskan kita dari kuasa dosa. Kita telah menjadi kudus, maka kita pun mesti menjadikan dan menjalankan ajakan Yohanes untuk menjadi kudus serta hidup dalam kebenaran. Minggu ini, kita diajak untuk menjadi pewarta kebenaran dan bukan pewarta hoaks; bukan penyebar gosip, bukan sebagai provokator, melainkan sebagai inisiator untuk membangun kebersamaan dan semangat gotong-royong. Komunikasi yang baik, benar, dan tepat menjadi kekuatan kita untuk bertahan hidup saat pandemi ini. Baranikah kita bersaksi tentang kebenaran dan kasih Allah dalam hidup kita?

Yesus, semoga kami tetap setia mewartakan kebenaran dan hidup dalam kasih sebagaimana yang Engkau tunjukan kepada kami. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 16 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel