RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 3 MEI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 3 MEI 2021

PEKAN PASKAH V 

Pesta St. Filipus dan Yakobus, Rasul (Merah)

BACAAN I: 1Kor. 15:1-8

MAZMUR: 19:2-3.4-5;

BACAAN INJIL: Yohanes 14:6-14

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami." Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."

RENUNGAN:

Dalam hidup ini, mustahil jika tidak ada rintangan atau halangan, baik yang berat maupun yang ringan. Ada saat kita mengalami sukacita dan ada saatnya pula kita menangis, kecewa, terluka, dll. Namun cara pandang dan sikap kita menghadapi aneka peristiwa itulah yang menentukan apakah kita bisa melalui dan mengubah pengalaman menagis menjadi pengalaman sukacita. Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus mengajak kita untuk berpegang teguh pada iman kita akan Kristus yang menderita, wafat, dan bangkit.

Hanya saja terkadang kita seperti Filipus yang berkata kepada Yesus: Tunjukanlah Bapa kepada kami, maka kamu akan puas (Yoh 14:8). Sudah sekian lama kita menyatakan diri sebagai pengikut Kristus dengan menjadi seorang kristiani, mengapa kita masih meminta petunjuk kapan Bapa hadir dalam hidup kita? Mengapa kita masih memandang penderitaan sebagai hukuman dari Bapa? Bukankah kita harusnya bersyukur karena kita diberikan kekuatan dan ketabahan untuk melewati jalan penderitaan dan jalan salib kita? Jika kita berpegang teguh pada iman kita, maka kita mampu mengatasi tantangan, kekecewaan, penderitaan, dan luka-luka di sepanjang jalan hidup kita.

Ya Bapa, bersihkanlah hati kami, agar kami mampu melihat Engkau dalam diri sesama kami, dan memuliakan Engkau dalam hidup kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 3 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel