RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 APRIL 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 6 APRIL 2021

OKTAF PASKAH I (PUTIH)

St. Selestinus Paus; St. Kresensia Hoess

BACAAN I: Kis. 2:36-41

MAZMUR: 33:4-5.18-19.20.22;

BACAAN INJIL: Yohanes 20:11-18

Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis?" Jawab Maria kepada mereka: "Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan." Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. Kata Yesus kepadanya: "Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?" Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya." Kata Yesus kepadanya: "Maria!" Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: "Rabuni!," artinya Guru. Kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu." Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: "Aku telah melihat Tuhan!" dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

RENUNGAN:

Pengalaman Maria Magdalena juga sering kita alami. Ada saat dimana kita merasa Tuhan seakan-akan jauh atau bahkan meninggalkan kita. Apakah benar seperti itu? Tidak. Allah selalu menyertai kita. Kitalah yang membuat diri kita sendiri tidak lagi mampu mengalami atau merasakan kehadiran Tuhan. Emosi dan perasaan negatif kerap membuat kita memandang Tuhan seakan seperti ‘seorang penjaga taman’. Sapaan-Nya memang terdengar, namun kerap kita pura-pura tuli. Kita tidak mau mendengar-Nya. Kita menganggap suara-Nya seperti angin lalu.

Di tengah kegalauan, kita mungkin tidak mersakan dan mengalami Tuhan. Dan Tuhan tidak selalu menuntut kita harus merasakan dan mengalami-Nya. Yang Tuhan minta dari kita adalah apa pun situasi hidup, haruslah tetap percaya bahwa Tuhan itu menyertai. Ia menyertai kita salam setiap denyut jantung hidup kita. Ia menyertai kita dalam pergumulan-pergumulan hidup kita; dalam tawa dan tangis kita. Kepercayaan akan penyelenggaraan Tuhan itulah yang akan menuntun kita pada pengalaman dikasihi oleh Dia.

Ya Bapa, kami bersyukur karena boleh mengalami kebangkitan Yesus. Melalui Dia kami diteguhkan dan dikuatkan bahwa Engkau selalu beserta kami. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 6 APRIL 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel