RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 4 MARET 2021)

renungan harian minggu paskah 2021


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 4 MARET 2021

HARU RAYA PASKAH (PUTIH)

St. Benediktus Moor

BACAAN I: Kis. 10:34a.37-43

MAZMUR: 118:1-2.16ab-17.22-23;

BACAAN II: 1Kor. 5:6b-8/ Kol. 3;1-4

BACAAN INJIL: Yohanes 20:1-9

"Yesus harus bangkit dari orang mati"

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: "Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan." Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati.

RENUNGAN:

Cara kita melihat kenyataan hidup sering kali menjadi penentu bagi pemahaman kita atas hidup itu sendiri. Dalam kasih kebangkitan Yesus, kita menemukan tiga cara melihat peristiwa. Pertama, cara Maria Magdalena. “Ia pergi ke kubur pagi-pagi. Yang dilihatnya bukan isi kubur-Nya”. Kedua, cara Petrus. Petrus segera ke kubur. Tetapi larinya lambat. Tanpa pikir panjang ia masuk dan mendekat, lalu melihat langsung dan sangat detail. Namun, ia tidak bisa menyimpulkan apa-apa. Ketiga, cara Murid yang dikasihi Yesus. Ia lari cepat. Ia tidak segera masuk, ia menjenguk dari pintu dahulu. Ia melihat secara keseluruhan. Lalu barulah ia masuk dan mendekat. Dan justru murid inilah yang dikatakan dalam Injil, “Ia melihat dan percaya”.

Ibarat melihat sebuah lukisan bunga mawar. Kalau terlalu jauh atau hanya memperhatikan bingkainya (seperti Magdalena) maka yang tampak adalah sesuatu yang kabur/ buram, dan kita bisa berkesimpulan salah. Kalau terlalu dekat (seperti Petrus) yang tampak adalah keanehan, hanya goresan-goresan kasar dengan warna-warna tidak jelas, bingung “Lukisan apa ini?”. Jadi kalau cara melihatnya seperti murid yang dikasihi Yesus, mengambil jarak, melihat keseluruhan, baru kemudian mengamati detail-detailnya, barulah orang demikian yang akan bisa mengatakan bahwa “ini adalah sebuah lukisan bunga mawar”. Demikian dengan hidup kita. Mengambil jarak dan waktu jeda untuk melihat secara keseluruhan kenyataan yang kita hadapi, baru kemudian kita mendekati peristiwa itu. Ciri dari seorang murid Yesus adalah melihat kenyataan atau peristiwa hidup dengan cara yang benar sehingga kita mampu memahami peristiwa secara benar pula.

Ya Allah, kami bersyukur atas pelbagai pelajaran hidup yang Engkau berikan. Semoga kami menjadi hamba-hamba-Mu yang tidak gegabah. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 4 MARET 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel